PENGEMBANGAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS IV B

ARI HANDAYANI, . (2021) PENGEMBANGAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN DATAR PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS IV B. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (884kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media puzzle yang dapat membantu peserta didik tunanetra mengenal bangun datar (segitia, persegi, persegi panjang dan lingkaran). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui validasi puzzle sebagai media pembelajaran bangun datar pada peserta didik tunanetra kelas IV B. Pengembangan media ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini tahap implementasi belum dapat dilakukan karena virus corona dan subjek penelitian sedang ada di luar kota. Validasi dilakukan oleh tiga ahli dengan instrumen yang berbeda yaitu ahli media, ahli materi matematika, dan ahli mengenai tunanetra dengan hasil rata-rata keseluruhan yang telah dicapai menunjukkan sangat baik, yaitu dengan nilai 91,67% menurut ahli media, 93,75% menurut ahli materi matematika, dan 100% menurut ahli mengenai tunanetra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media puzzle layak digunakan untuk membantu peserta didik tunanetra dalam mengenal bangun datar. This study aims to develop a product called puzzle, that can help blind students to know two-demensional figure (triangle, square, rectangle and circle). The study aims to know validation of puzzle as two-demensional figure media for class IV B’s students with blind. The development of this media used Research and Development (RnD) study using ADDIE model which consist of five stages: analysis, design. development, implementation, and evaluation. In this study, the implementation stage can’t be implement because of corona virus and the research subject outside the city now. Validation was done by three expert with different instrument: media expert, math learning expert, and expert of blind, resulting a very good total value average with the value 91,67% according to media expert, 93,75% according to math learning expert, and 100% according to expert of blind. The result of the study shows that puzzle can be used to help pupils with blind to know two-demensional figure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M. Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9766 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 05:06
Last Modified: 08 Mar 2021 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item View Item