ENGLISH TEACHER’S CODE SWITCHING IN GRADE VII AND VIII CONTEXT OF SMP N 92 JAKARTA

RIZKY SORAYA DIVA, . (2018) ENGLISH TEACHER’S CODE SWITCHING IN GRADE VII AND VIII CONTEXT OF SMP N 92 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
soraya skripsi ok.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konteks alih kode oleh guru yang terjadi di dalam kelas Bahasa Inggris dan juga menyelidiki alasan guru menggunakan alih kode di kelas VII dan VIII SMP N 92 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan November hingga Desember 2017. Data diperoleh dari pengamatan di dalam kelas dari kelas VII dan VIII juga wawancara dengan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan konten analisis sebagai metode penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan ada lima konteks alih kode guru terjadi, antara lain: meneliti pemahaman siswa sebanyak 54 kali, memberikan instruksi 18 kali, menerjemahkan kosa-kata yang tidak diketahui 27 kali, memperkenalkan latar belakang informasi 13 kali dan penjelasan tatabahasa 21 kali. Penelitian ini juga menemukan alasan guru dalam menggunakan alih kode yang diklasifikasikan berdasarkan topik, peserta, penekanan, persuasi dan afeksi. Selain itu, penelitian ini juga menemukan alasan lain, yaitu strategi. Temuan kajian penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi untuk tujuan pendidikan guru dan berkontribusi dengan basis data yang ada untuk alasan melakukan alih kode.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nina Wanda Cassandra, M.Pd 2) Dr. Sri Sumarni, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Nov 2019 12:05
Last Modified: 12 Nov 2019 12:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1404

Actions (login required)

View Item View Item