PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA BOGOR

IYAN IRDIYANSYAH, . (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI LINGKUNGAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA BOGOR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas salah satunya adalah literasi lingkungan. Literasi lingkungan merupakan salah satu irisan dari literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan luaran atau produk berupa instrumen literasi lingkungan siswa Sekolah Dasar Negeri di Kota Bogor yang dapat digunakan sebagai alat ukur level literasi lingkungan siswa. Instrumen ini dikembangkan berdasarkan kondisi dan kultur di Indonesia khususnya Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian Four-D. Sampel penelitian pengembangan ini melibatkan 1250 siswa Sekolah Dasar Negeri di Kota Bogor yang terbagi atas sampel kecil sebanyak 250 dan sampel besar sebanyak 1000 sampel. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa sebanyak 44 butir dari 50 butir pernyataan yang di ujicobakan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas tes serta dapat mengukur konstruk yang telah ditetapkan dengan baik. Instrumen ini kemudian dapat digunakan untuk mengukur literasi lingkungan siswa sekolah dasar karena telah memiliki kriteria yang baik dan memenuhi standarisasi pengujian instrumen. Problems related to environmental issues have always been an interesting topic to discuss, one of the topics is environmental literacy which is a part of science literacy. The objective of this study is to develop and produce a product in the form of an environmental literacy instrument for Elementary School students in Bogor City. It can be used as a measuring tool for students' environmental literacy level. This instrument was developed based on conditions and culture in Indonesia, especially in Bogor. This study used Research and Development (RnD) method, and Four-D was used as a design. This study involved 1250 Elementary School Students and divided into a small sample of 250 and a large sample of 1000. Based on the data analysis, the results showed that 44 of the 50 statements tested met the validity and reliability criteria of the test and were able to measure constructs that had been well defined. As a conclusion, the instrument of environmental literacy can be used to measure the level of environmental literacy because it already has good criteria and fulfil the requirements of standardized instrument.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Burhanuddin Tola, MA. ; 2). Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 9582 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:29
Last Modified: 04 Mar 2021 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item