PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BAHASA PAPAN MISTERI (MYSTERY BOARD) DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Nila Tresno Angganti, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BAHASA PAPAN MISTERI (MYSTERY BOARD) DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NILA TRESNO ANGGANTI 1815115001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Media Permainan Bahasa Papan Misteri (Mystery Board) dalam Pembelajaran Berbicara pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Dari data hasil uji coba analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwa guru membutuhkan sebuah media inovatif yang dapat membantu guru untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg dan Gall. Media permainan bahasa Papan Misteri (Mystery Board) telah di uji coba oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli bahasa dengan rata-rata hasil uji coba ini adalah 88,3%. Selain itu, permainan ini melalui tiga tahapan, yaitu tahap one to one dengan tiga siswa, small group dengan delapan siswa, dan field test dengan dua puluh siswa. Rata-rata penilaian siswa terhadap produk permainan ini naik dari 91,5% pada small group menjadi 92,3% pada tahap field test. Hal ini menunjukkan bahwa media Permainan Bahasa Papan Misteri (Mystery Board) sudah tepat sasaran dan layak digunakan sebagai media untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Gusti Yarmi, M.Pd ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Nov 2019 12:09
Last Modified: 12 Nov 2019 12:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item