PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19

LILIK RAHAYU, . (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri akademik terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobablity sampling, yaitu convenience sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 463 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Academic Resilience Scale 30 (ARS-30) dan Academic Self-Efficacy Scale. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi pada masa pandemi COVID-19. Efikasi diri akademik memiliki pengaruh sebesar 22.6 % terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. ********** This research aims to understand the effect of academic self-efficacy toward academic resilience among senior college students who are currently doing graduating papers during COVID-19 pandemic. This research applied a quantitative method. The sampling technique used in this research was non-probability sampling; convenience sampling. There were 463 college students as the samples of this research. Instruments applied in this research was Academic Resilience Scale 30 (ARS-30) and Academic Self-Efficacy Scale. The result of the research showed that there were positive and significant effects between academic self-efficacy and academic resilience on the senior college students who are currently doing graduating papers during this COVID-19 pandemic. Academic self-efficacy had 22.6 % effects toward academic resilience on senior college students who are currently doing graduate papers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Fellianti Muzdalifah, M.Psi .; 2. Ernita Zakiah, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 9750 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:57
Last Modified: 27 Oct 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item View Item