PENGEMBANGAN MEDIA EXPLODING MAGIC BOX UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN

NUR INTAN SAFIRA ABRILIAN, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA EXPLODING MAGIC BOX UNTUK PENGUASAAN KOSAKATA PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran untuk penguasaan kosakata peserta didik hambatan pendengaran. Peneliti mengembangkan media exploding magic box karena dibutuhkannya media pembelajaran untuk penguasaan kosakata peserta didik hambatan pendengaran kelas II di SLB-B Tunas Kasih 2 Bogor. Adapun kosakata pada penelitian ini dibatasi pada kosakata hewan yang memiliki manfaat bagi manusia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Penilaian media exploding magic box ini dilakukan melalui validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli peserta didik hambatan pendengaran, melalui kuesioner yang diberikan dalam bentuk google form dan evaluasi satu lawan satu. Media exploding magic box ini pun mendapatkan nilai rata-rata keseluruhan 66,32% dengan kategori baik. Dari nilai rata-rata yang didapatkan dan hasil implementasi, dapat ditarik kesimpulan bahwa media exploding magic box ini dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik hambatan pendengaran This innovative work intends to develop the vocabolary mastery of the students with hearing impairment. The researcher developed the exploding magic box media because of the need of learning media that could improve the vocabulary mastery for students grade 2 in SLB-B Tunas Kasih 2 Bogor. The vocabulary in this research is limited to animal with benefits for human. The method that is used is a Research and Development with ADDIE models adaptation. The validation of exploding magic box is conducted by expert of media, expert of material, and expert of hearing impairment children from questionnaire by google form and one to one evaluation. The exploding Magic box media got an overall avarage score of 66,32% in a good category. Form the avarage value obtained and the result of implementasi, it can be concluded that exploding magic box media is declared feasible and can be as a learning media for students with hearing impairment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) . Dra. Etty Hasmayati, M.Pd. ; 2) . Dr. Irah Kasirah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9678 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2021 10:10
Last Modified: 06 Mar 2021 10:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14085

Actions (login required)

View Item View Item