PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MONOPOLI KOSAKATA (MOKA) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA KATA BENDA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS 3

LISA INDARWATI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR MONOPOLI KOSAKATA (MOKA) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA KATA BENDA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS 3. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (979kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (531kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media yang dapat membantu peserta didik tunarungu dalam penguasaan kosakata benda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik evaluasi yang digunakan yaitu expert review dengan memberikan kuesioner kepada ahli media, ahli materi, dan ahli tunarungu guna mengetahui kualitas dari media yang dikembangkan. Kuesioner diberikan kepada para ahli melalui google form. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan, media monopoli kosakata mendapatkan nilai keseluruhan dengan presentase sebesar 83% dan berada pada kategori sangat baik. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media monopoli kosakata yang dikembangkan merupakan media yang dapat digunakan untuk dijadikan media pembelajaran bagi peserta didik tunarungu. The reaserch aim is to develop the learning media that can help the deaf students in mastering the vocabulary of object. The kind of this research is Research and Development (R&D) with the developing ADDIE model. The evaluation technique that is used is the expert riview by giving the questionnaire to the edia expert, the material expert, and the deaf expert to know the quality of the developed media. The questionnaire is given to the experts via google form. From the evaluation that has been done, vocabulary monopoly medai learning gets the total amount with the percentage of 83% in the very good category. The result shows that the vocabulary monopoly learning media that is developing is a media that can be used as media learning for deaf students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd ; 2). Indra Jaya, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9765 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 05:12
Last Modified: 10 Nov 2022 08:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item