PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA PUSAKA 1 JAKARTA

MEGIRIDHA LOPPIES, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA PUSAKA 1 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB I (1).pdf

Download (391kB)
[img] Text
03 BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan melibatkan tipe kepribadian pada siswa kelas XI IPS di SMA Pusaka 1 Jakarta. Desain yang digunakan adalah Treatmen by level 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak empat kelas di SMA Pusaka 1 Jakarta sebanyak 140 siswa. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling sehingga diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk mengukur hasil belajar siswa dan kuisioner digunakan untuk mengukur tipe kepribadian siswa. Hasil analisis data yang menggunakan statistik non perametrik untuk uji hipotesis menunjukan bahwa: 1). Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2). Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar Sejarah. 3). Hasil belajar siswa dengan tipe kepribadian ekstrovert yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 4). Hasil belajar siswa dengan tipe kepribadian introvert yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih rendah dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. THE EFFECT OF PROBLEM BASED LEARNING MODELS AND PERSONALITY TYPES ON STUDENT HISTORY LEARNING OUTCOMES AT SMA PUSAKA 1 JAKARTAMegiridhaLoppiesPostgraduate History Education Study Program State University of JakartaABSTRACTThis study aims to determine and examine differences in learning outcomes between groups of students using problem-based learning models and groups of students using conventional learning models involving personality types in class XI IPS at SMA Pusaka 1 Jakarta. The design used is Treatmen by level 2x2. The population in this study were all students of class XI IPS consisting of four classes in SMA Pusaka 1 Jakarta totaling 140 students. The sampling technique was determined bypurposivesampling in order to obtain class XI IPS 3 as an experimental class using a problem-based learning model and class XI IPS 4 as a control class using conventional learning models. The data were collected using the test method to measure student learning outcomes and the questionnaire was used to measure the student's personality type. The results of data analysis using non-perametric statistics to test the hypothesis show that: 1). The learning outcomes of students who use problem-based learning models arehigher than students who use conventional learning models. 2). There is an interaction effect between problem-based learning models and personality types on history learning outcomes. 3). The learning outcomes of students with extrovert personality types who use problem-based learning models are higher than students who use conventional learning models. 4). The learning outcomes of students with introverted personality types who use problem-based learning models are lower than students who use conventionallearning models

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Aip Badrujaman, M. Pd ; 2). Prof. Dr. Sarkadi, M. Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 9391 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2021 09:15
Last Modified: 03 Mar 2021 09:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14163

Actions (login required)

View Item View Item