PEMBELAJARAN ELECTONE ANAK USIA 6-8 TAHUN

CYNTHIA IRENE PANGARIBUAN, . (2021) PEMBELAJARAN ELECTONE ANAK USIA 6-8 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Cynthia Irene Pangaribuan, 2021. “Metode Pembelajaran Electone Anak Usia 6-8 Tahun” Program Studi Pendidikan Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dan tahapan-tahapan mengenai pembelajaran electone untuk anak usia 6-8 tahun. Objek pada penelitian ini adalah pembelajaran electone anak berusia 6-8 tahun.Pada penelitian digunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research).Pengumpulan data melalui data utama yang diperoleh melalui studi pustaka, wawancara dengan pakar, dan wawancara dengan guru electone. Adapun data tambahan dengan menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah metode yang diterapkan pada pembelajaran electone anak usia 6-8 tahun. Metode yang digunakan pada pembelajaran electone anak usia 6-8 tahun adalah dengan metode mendongeng, demonstrasi, ceramah, meniru (imitasi), latihan (drill), metode role playing (bermain peran), dan metode penugasan (resitasi). Dalam proses pembelajarannya sebagian besar menggunakan metode meniru (imitasi) dan metode latihan (drill) yaitu anak belajar dengan meniru dari lingkungan sekitarnya. Dilihat dari proses pembelajaran dan pembelajaranyang menerapkan bahwa anak dapat belajar dan meniru dari lingkungannya sendiri, didapatkan temuan bahwa pembelajaran electone untuk anak usia 6-8 tahun menggunakan metode pembelajaran musik Suzuki. Selain belajar dari lingkungan sendiri,metode Suzuki mengutamakan keterlibatan orangtua saat proses pembelajaran untuk membawa anak pada lingkungan yang positif dan menyenangkan, belajar dengan mendengar, belajar memainkan instrumen sebelum membaca musik, kegiatan menghapal, serta kegiatan mengulang pada proses pembelajaran. Kata kunci: Metode, Pembelajaran, Electone ABSTRACT Cynthia Irene Pangaribuan, 2021. "Electone Learning Method for 6-8 Years Old Children" Music Education Study Program, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University. This study aims to determine the methods and stages regarding electone learning for children aged 6-8 years. The object of this research is electone learning for children aged 6-8 years. The research used qualitative methods, and the type of research used was library research. Data collection was through main data obtained through literature studies, interviews with experts, and interviews. with Electone teacher. The additional data using a questionnaire. The result of this study is a method applied to electone learning for children aged 6-8 years. The method used in electone learning for children aged 6-8 years is storytelling, demonstrations, lectures, imitation (imitation), exercises (drill), role playing methods (role playing), and assignment methods (recitation). In the learning process, most of them use imitation (imitation) and practice (drill) methods, where children learn by imitating their surroundings. Judging from the learning and learning process that implements that children can learn and imitate from their own environment, it is found that learning electone for children aged 6-8 years uses the Suzuki music learning method. In addition to learning from their own environment, the Suzuki method prioritizes parental involvement during the learning process to bring children to a positive and fun environment, learning by listening, learning to play instruments before reading music, memorizing activities, and repeating activities in the learning process. Key words: Methods, Learning, Electone

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Clemy Ikasari Ichwan, M.Pd. 2). Dra. Tjut Etty Retnowati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 9612 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:16
Last Modified: 04 Mar 2021 07:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item