PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI SDN KELAPA GADING TIMUR 04 JAKARTA UTARA

Nur Fachrunnisa, . (2016) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DI SDN KELAPA GADING TIMUR 04 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI NUR FACHRUNNISA 1815110768.pdf

Download (137MB)
[img] Text
JURNAL NUR FACHRUNNISA 1815110768.pdf

Download (877kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh data empirik tentang peningkatan sikap ilmiah pada siswa kelas II SD melalui strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Kelapa Gading Timur 04 Jakarta Utara dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 37 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan sebagai dasar untuk membuat perencanaan ulang setiap siklus berikutnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dengan alokasi waktu tiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan sikap ilmiah yaitu sebanyak 70,3 % atau 26 siswa mendapat skor 70 pada siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 89,2 % dari seluruh siswa atau 33 siswa mendapatkan skor 70. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas IV SD. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui tingkat sikap ilmiah siswa sehingga dapat merancang proses pembelajaran IPA untuk dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M. Pd ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Nov 2019 15:05
Last Modified: 12 Nov 2019 15:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item