PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM MEMAHAMI KOSAKATA BENDA DI MASA PANDEMI PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2

FYRDA ROSALINA RAIS, . (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM MEMAHAMI KOSAKATA BENDA DI MASA PANDEMI PADA SISWA TUNARUNGU KELAS 2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan dalam memahami kosakata benda di masa pandemi pada siswa tunarungu kelas 2 SLB Negeri Bekasi Jaya. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan pengamatan di lapangan melalui daring. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi di lapangan, wawancara dengan guru kelas dan studi dokumen. Hasil temuan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sekolah melakukan asesmen terlebih dahulu kepada siswa dan hasil asesmen akan menjadi titik awal guru dalam membuat program yang sesuai dengan kemampuan siswa serta peran orang tua yang memiliki pengaruh dalam menunjang keberhasilan siswa pada proses pembelajaran. Strategi yang digunakan oleh guru dalam memahami kosakata benda yaitu strategi eskpositori dengan metode demonstrasi menggunakan media kartu kosakata. Dalam langkah-langkah pelaksanaannya dimulai dengan siswa menunjukkan kosakata yang sesuai lalu mengklasifikasi kosakata benda dan menuliskan kosakata benda. Siswa dikatakan memahami kosakata benda bila siswa dapat mengklasifikasi gambar kartu kosakata dengan tulisannya secara mandiri. Faktor pendukung dalam memahami kosakata benda yaitu kerja sama orang tua yang baik dan siswa dapat kondusif. Kendala yang dialami guru adalah siswa yang mudah kehilangan fokus saat pembelajaran jarak jauh. Guru diharapkan lebih bervariasi dalam menggunakan metode dan media pembelajaran. This study aims to determine the description of the implementation in understanding the vocabulary of object during pandemi in grade 2 deaf children at SLB Negeri Bekasi Jaya. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The data used in this study swew obtained through online interviews and observations in the field. Data collec]tion techniques used are by conducting observations in the field, Interviews with class teachers and document study. The findings obtained in this study are school of the assessment conduct to students and the results of assement will be the starting point for teachers in making programs that are appropriate to the abilities as well as parents who have an influence in supporting student success ini the learning process. The strategy used by teacher in understanding the vocabulary of object during a pandemi is ekspository strategy with demonstration method and using the vocabulary card. The steps for implementing to understanding the vocabulary of object, the beginning students showing vocabulary of object, then students classification vocabulary of object, and write the vocabulary of object. Students are understanding the vocabulary of object when students can pair vocabulary of object card images with themselves. Supporting factors in understanding the vocabulary of object is students can be conducive and good parental cooperation. The obstacle experienced by the teachers its students easily lose focus during distance learning. Teachers are expected to be more varied in using the methods and media of learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, M.Pd. ; 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9784 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 09:15
Last Modified: 11 Mar 2021 03:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14256

Actions (login required)

View Item View Item