PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN (MEMBACA IDEOVISUAL) PADA SISWA TUNARUNGU KELAS P1 DAN P2 (Studi Deskriptif di PAUD Santi Rama)

SALSABILA DHIYAUSSYIFA LAELA, . (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN (MEMBACA IDEOVISUAL) PADA SISWA TUNARUNGU KELAS P1 DAN P2 (Studi Deskriptif di PAUD Santi Rama). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (873kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam mengenai pembelajaran membaca permulaan (membaca ideovisual) pada siswa tunarungu kelas P1 dan P2 di PAUD Santi Rama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan (membaca ideovisual) pada siswa tunarungu berbeda dengan pembelajaran membaca permulaan pada umumnya. Membaca permulaan (membaca ideovisual) tidak harus mengenal huruf terlebih dahulu seperti membaca permulaan pada umumnya. Langkah-langkah pelaksanaan membaca ideovisual dimulai dengan mempersiapkan bacaan dengan membuat deposit dari bacaan percakapan sebelumnya, membuat lengkung frase, guru memberi contoh membaca kalimat sesuai dengan lengkung frase, guru meminta siswa untuk membaca setelah guru membaca dan kemudian siswa membaca keseluruhan secara mandiri. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat berimplikasi pada sekolah yang menyelenggarakan pendidikan untuk siswa tunarungu agar menerapkan pembelajaran membaca permulaan (membaca idoevisual). This research aims to obtain in-depth information about learning to read the beginning (ideovisual reading) in deaf students class P1 and P2 at PAUD Santi Rama. The study uses a qualitative approach with a descriptive method. The data collection techniques used in this research are interview techniques and documentation studies. The results of this study indicate that learning to read beginning (ideovisual reading) for deaf students is different from learning to read introduction in general. The beginning reading (ideovisual reading) does not have to recognize letters first like reading beginnings in general.the steps for implementing idoevisual reading begin with preparing the readings by making deposits from previous conversational readings, making phrase curved, the teacher giving examples reading sentences according to the phrase curved, the teacher asking students to read after teacher and then students reading the whole independently. The implication of this research is that it can have implications for school that provide education for deaf students to implement prelimenary reading learning (ideovisual reading).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Ishak G. Bachtiar, M.Pd. ; 2. Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9773 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:49
Last Modified: 05 Mar 2021 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item