UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS V SDN CAKUNG BARAT 01 PAGI JAKARTA TIMUR

NUR OKTAVIANI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR KELAS V SDN CAKUNG BARAT 01 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nur Oktaviani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada siswa kelas V SDN Cakung Barat 01 Pagi Jakarta Timur yang berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan Kemmis&McTaggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi menulis deskripsi, membuat catatan lapangan dan dokumentasi melalui foto. Analisis data dilakukan dengan merefleksi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Kemampuan menulis deskripsi siswa pada siklus I, siswa yang mendapat nilai mencapai 53.30%, sedangkan pada siklus II mencapai 87%. Untuk pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus I rata-rata mencapai 77.2%, sedangkan pada siklus II mencapai 91.5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dalam pemebelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Cakung Barat 01 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar yang tepat sesuai dengan materi dan karakteristik siswa sehingga dapat membuat suasana belajar yang kondusif, bermakna dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulela H.M, M.Pd., ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Nov 2019 15:38
Last Modified: 12 Nov 2019 15:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item