Shabrina, . (2018) Topik, Situasi, Fungsi dan Nosi Dalam Film Abnaul Ghad dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Shabrina.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui topik, situasi, fungsi dan nosi dalam film Abnaul Ghad dan menerapkan dalam pengajaran keterampilan berbicara di semua tingkatan di universitas. Di dalam film “Abnaul Ghad” terdapat 90 episode. Maka peneliti membatasi menjadi 25 episode saja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis topik, situasi, fungsi dan nosi dalam film Abnaul Ghad. Alat penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan tabel identifikasi. Hasil penelitian ditemukan Topik dan Situasi dalam 100 ungkapan.Topik dan Situasi yang terdiri dari 14 jenis adalah 7 ungkapan identitas pribadi (7%), kehidupan sehari-hari dalam 14 ungkapan (14%), pendidikan dan karir berjangka 4 (4%), rekreasi dan waktu luang 6 ungkapan (6%), perjalanan 5 ungkapan (5%), hubungan dengan orang lain 58 ungkapan (58%), kesehatan dan sosial 2 ungkapan (2%), belanja 1 ungkapan (1%) dan Makanan dan minuman 3 ungkapan (3%). Hasil penelitian ditemukan Fungsi dalam 100 ungkapan. Fungsi terdiri dari 6 jenis yaitu transmisi informasi faktual dan permintaannya 8 ungkapan (8%), ekspresi sikap intelektual, identifikasi 40 ungkapan (40%), ekspresi sikap emosional dan ungkapannya 25 ungkapan (25 %), ekspresi sikap moral dan ungkapannya 8 ungkapan (8%), dan mendapatkan hal yang harus dilakukan (persuasi) 6 ungkapan (6%), bersosialisasi 13 ungkapan (13%). Hasil penelitian ditemukan Nosi dalam 25 ungkapan. Nosi terdiri dari 8 tipe: ekspresi eksistensial 2 ungkapan (8%), ruang spasial 6 ungkapan (23%), ekspresi temporal 9 ungkapan (38%), kuantitas 4 ungkapan (16%), hubungan 1 ungkapan (4%), dan Deiksis 3 ungkapan (12%). Penelitian ini dapat dimasukkan dalam pengajaran keterampilan berbicara, yaitu untuk mengambil ungkapan yang terdapat Topik, Situasi, Fungsi dan Nosi dari Film Abnaul Ghad sebagai salah satu materi dalam pengajaran keterampilan berbicara di universitas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) M Kamal M.A 2) Raden Ahmad MPD |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 15:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 15:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1429 |
Actions (login required)
View Item |