PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH FISIKA DASAR BERBASIS E-MODULE PADA MATERI FISIKA BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AYU PUTRI KENYO JATI, . (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH FISIKA DASAR BERBASIS E-MODULE PADA MATERI FISIKA BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (968kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah fisika dasar berbasis e-module pada materi fisika bangunan yang dapat membantu pendidik dalam menyampaikan materi dan membantu meningkatkan persentase hasil belajar mahasiswa yang baik pada mata kuliah fisika dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Waktu pelaksanaan penelitian ini, yaitu pada bulan Maret 2020 – Januari 2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian riset dan pengembangan (R&D) dan model penelitiannya adalah model 4D yang terdiri dari 4 tahap penelitian, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang berguna dalam pengumpulan data analisa kebutuhan, pengujian kelayakan produk oleh ahli materi dan ahli media, serta penilaian pengguna produk oleh mahasiswa. Hasil dari penelitian ini merupakan bahan ajar mata kuliah fisika dasar berbasis e-module yang berfokus pada materi fisika bangunan yang terdiri dari empat bab materi pokok. Hasil validasi produk oleh ahli materi mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak (sangat baik untuk digunakan) dan hasil validasi produk oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 99% yang termasuk ke dalam kategori sangat layak (sangat baik untuk digunakan). Selain itu, didapatkan juga peningkatan nilai rata-rata mahasiswa pada hasil uji coba terbatas dengan persentase sebesar 21% serta didapatkannya hasil rata-rata skor sebesar 4,16 (dari skala 5) yang termasuk ke dalam kategori baik pada penilaian produk oleh mahasiswa. This study aims to develop basic physics teaching materials based on emodule with building physics topic that can help educators deliver material and help increase the percentage of good student learning outcomes in basic physics courses in the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta. The time of this research was March 2020 - January 2021. This research was conducted using a research and development (R&D) research method and the research model was a 4D model consisting of 4 research stages (define, design, develop, and disseminate). This study used several questionnaires which was useful in collecting needs analysis data, testing the feasibility of products by material experts and media experts, and assessing product users by students. The results of this study is basic physics teaching materials based on emodule that focus on building physics topic consisting of four main chapters. The results of product validation by material experts got an average percentage of 86% which was included in the very feasible category (very good to use) and the results of product validation by media experts got an average percentage of 99% which was included in the very feasible category (very good to use). In addition, there was also an increase in the average score of students on the results of limited trial test by a percentage of 21% and also obtained an average score of 4.16 (from a scale of 5) which was included in the good category in the product assessment by students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Agphin Ramadhan, M.Pd. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 9467 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 05:37
Last Modified: 10 Mar 2021 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14354

Actions (login required)

View Item View Item