Relevansi Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Dengan KKNI Pada Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti di SMK N 1 Jakarta

NIESA LULU TRYANI, . (2021) Relevansi Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Dengan KKNI Pada Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti di SMK N 1 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kurikulum yang ada di SMK serta sejauh mana relevansi yang ada pada kompetensi dasar mata pelajaran dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) Level II pada kompetensi keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti di SMK N 1 Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada prodi PTB FT UNJ terkait bagaimana perkembangan kurikulum yang ada di SMK saat ini, sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi prodi untuk menentukan materi yang dipelajari di prodi PTB FT UNJ. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2020 – Oktober 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Relevansi kompetensi dasar mata pelajaran dengan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) level II pada kompetensi keahlian BKP berdasarkan kesesuaian tingkatan ranah Afektif, Kognitif dan Piskomotorik serta muatan unjuk kerja yang terkandung pada masing-masing kompetensi, terdapat 2 kompetensi yang tidak relevan pada mata pelajaran PPKP dengan KKNI Level II, selain itu terdapat 3 kompetensi yang tidak relevan pada mata pelajaran EBKP dengan KKNI Level II. Hasil analisis mengenai kesesuaian kompetensi dasar mata pelajaran dengan KKNI Level II pada kompetensi keahlian BKP menunjukkan bahwa masih terdapat hasil yang menunjukkan adanya perbedaan / ketidak sesuaian materi dari tingkat ranah kognitif dan ranah psikomotorik pada masing-masing kompetensi meskipun secara keseluruhan dapat dikatakan relevan. This study aims to determine hoe the development of the existing curriculum in SMK and the extent of the relevance of the basic competencies of subjects with KKNI (Indonesian National Qualification Framework) Level II in the construction and property business expertise competencies at SMK N 1 Jakarta. This research was conducted to provide input to the PTB FT UNJ study program regarding how the development of the existing curriculum in SMK today, So that it can be used as matrerial for the evaluation of the study program to determine the material studied in the PTB FT UNJ study program. Time the research was conducted in July 2020 – October 2020. The method used in this research is descriptive qualitative with a content analysis approach. The results showed that the relevance of the basic competencies of subjects with KKNI (Indonesian National Qualification Framework) level II on the competency of BKP expertise based on the suitability of the Affective, Cognitive and Psychomotor level and the performance content contained in each competency, there are 2 competencies that are not relevant in subjects PPKP with KKNI Level II, in addition there are 3 competency is not relevant, in the subjects of EBKP with KKNI Level II. The results of the analysis regarding the suitability of the basic competencies of subjects with KKNI Level II on the BKP expertise competencies show that there is still results that indicate differences / discrepancy of the material from the level of the cognitive domain and the realm of the psychomotor on each of the competencies although the overall can be said to be relevant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd. ; 2). Dr. Riyan Arthur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 10014 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 05:53
Last Modified: 10 Mar 2021 05:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item View Item