ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MATERI ASAM BASA MELALUI LABORATORY JARGON PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA

AGUS SISMANTO, . (2021) ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MATERI ASAM BASA MELALUI LABORATORY JARGON PADA MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (644kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Agus Sismanto. Analisis Miskonsepsi dalam Materi Asam Basa Melalui Laboratory Jargon pada Mahasiswa Pendidikan Kimia. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Februari 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi mahasiswa calon guru kimia serta mengetahui apakah ada perbedaan antara tingkat akademik mahasiswa dengan tingkat miskonsepsi melalui analisis Laboratory Jargon pada materi asam basa. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa pendidikan kimia tahun akademik 2016 sampai dengan tahun akademik 2019 berjumlah 245 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey kuantitatif. Data penelitian yang diperoleh antara lain jawaban kuesioner Laboratory Jargon, pertanyaan terbuka dan wawancara mahasiswa. Persentase miskonsepsi rata- rata mahasiswa adalah 42,20%. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara tingkat akademik mahasiswa dengan miskonsepsi asam basa mahasiswa calon guru jika dianalisis melalui analisis Laboratory Jargon. Berdasarkan hasil pertanyaan terbuka dan wawancara diperoleh bahwa miskonsepsi asam basa disebabkan mahasiswa calon guru kimia masih membawa konsep sewaktu SMA yaitu adanya beberapa mahasiswa yang memilih pernyataan Laboratory Jargon. Kata Kunci: Laboratory Jargon, Miskonsepsi, Asam Basa, Survey. ABSTRACT Agus Sismanto. Analysis of Misconceptions in Acid-Base Matter Through Laboratory Jargon in Chemistry Education Students. Thesis. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. February 2021. This study aims to determine the misconceptions of chemistry students and to determine whether is there a difference between the academic level of students and the level of misconception through Laboratory Jargon analysis on acid-base material. The sample used is the chemistry education students from the 2016 academic year to the 2019 academic year totaling of 245 students. The research method used is a quantitative survey method. The research data obtained include answers to Laboratory Jargon questionnaires, open-ended questions and student interviews. The average misconception percentage of students is 42.20%. The conclusion obtained in this study is that there is a difference between the academic level of students with acid-base misconceptions of chemistry students when analyzed through Laboratory Jargon. Based on the results of open-ended questions and interviews, it was found that the acid-base misconception was caused by chemistry student who still carries the concept during high school, namely that some students chose Laboratory Jargon statements. Keywords: Laboratory Jargon, Misconceptions, Acid Bases, Survey

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Ridwan, M.Si. ; 2). Drs. Zulhipri, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 9907 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 10:03
Last Modified: 08 Mar 2021 10:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14449

Actions (login required)

View Item View Item