PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN LITERASI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI LITERATUR)

HARDIANTI NUR FAJRI, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN LITERASI SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (STUDI LITERATUR). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan litersi sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literature untuk mengkaji beberapa artikel ilmiah tentang penelitian sejenis yang relevan dengan penelitian ini.Data penelitian berupa 20 jurnal artikel ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui 1) reduksi data yaitu data diperoleh dari studi pustaka kemudian dirangkum dan diseleksi sehingga memberikan gambaran yang jelas; 2) paparan data yaitu penyajian data berdasarkan pengelompokan artikel yang dikaji; dan 3) membuat kesimpulan dari hasil temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dan literasi sains memberikan pengaruh dan kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan literasi sains dapat menghadirkan pembelajaran bermakna, sehingga dengan penggabungan metode maupun alat bantu yang tepat dapat menjadi rujukan untuk guru dalam proses belajar mengajar. The objective of this research was to examine the effect of the guided inquiry learning model and science literacy in order to students' critical thinking skills. It is a type of literature study research to examine several scientific articles about similar research relevant to this research.The data were collected from 20 scientific journal articles that are relevant to this research. The data analysis was conducted through 1) data reduction; it was gained from literature studies then summarized and selected to provide a clear overview; 2) data exposure, the presentation of data based on the grouping of the articles analyzed; and 3) conclude new findings that had never existed before.The findings show that the guided inquiry learning model and science literacy have an effect and contribute to students' critical thinking skills. The implication of learning using the guided inquiry model and science literacy can bring meaningful learning. Combining the right method and tool becomes a reference for teachers in the teaching and learning process.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr.Agung Purwanto,M.Si. ; 2). Erry Utomo,M.Ed.,Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 9870 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2021 06:13
Last Modified: 12 Mar 2021 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14464

Actions (login required)

View Item View Item