PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 RANCABUNGUR, KABUPATEN BOGOR

RESTU YANUAR ULA, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 RANCABUNGUR, KABUPATEN BOGOR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (3MB)
[img] Text
11 a BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
11 b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
11 c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
11 d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
11 e BAB V (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan gaya belajar terhadap hasil belajar afektif dalam pembelajaran sejarah. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rancabungur Kabupaten Bogor dengan jumlah 207 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang terbagi dua kelas menjadi kelompok eksperimen (XI IPA 4) dan kelompok kontrol (XI IPA 1). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes pilihan ganda sebanyak 40 soal dan angket atau kuisioner sebanyak 30 soal tentang gaya belajar. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis yang dilakukan melalui uji normalitas menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan SPSS 24.0. Hasil analisis data uji normalitas diperoleh bahwa data pre-test dan posttest hasil belajar afektif baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol memiliki nilai sig. 0,200 > 0,05, maka berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh bahwa data hasil belajar afektif dari kedua kelompok memiliki varians yang homogen (nilai sig > 0,05). Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua arah (Two Way ANAVA) diperoleh nilai Sig.< 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran VCT berpengaruh terhadap hasil belajar afektif peserta didik. ****** This experimental research aims to find out the influence of Value Clarification Technique (VCT) learning model and learning style towards affective learning outcomes in history learning. The design used is Nonequivalent Control Group Design.. The population in this study was all grade XI students of SMANegeri 1 Rancabungur Bogor Regency with a total of 207 students. Sampling techniques are purposive sampling which isdivided into two classes into experimental groups (XI IPA 4) and control groups (XI IPA 1). Data collection method using multiple choice test method as many as 40 questions and questionnaire or questionnaire as many as 30 questions about learning style. Data analysis techniques using test requirements analysis conducted through normality test using Kolmogorof-Smirnov testand homogeneity test using SPSS 24.0. The results of normality test data analysis obtained that pre-test and post-test data of affective learning results both experimental class and control class have a value of sig. 0.200 > 0.05, then distributed normally.Homogeneity test obtained that affective learning data from both groups have homogeneous variance(sig value > 0.05).Hypothesis testing using two-way variance analysis (Two Way ANAVA) obtained Sig.< 0.05 then H0 rejected and Ha accepted which means VCT learning model affects learners' affective learning outcomes.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si. [ 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 9374 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2021 06:48
Last Modified: 12 Mar 2021 06:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14566

Actions (login required)

View Item View Item