SITI DEWANTRI MULYO, . (2021) PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN BAGI SISWA KELAS II DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL SEDANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (861kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (652kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan engklek terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan bagi siswa kelas II dengan hambatan intelektual sedang. Subyek penelitian ini adalah siswa dengan hambatan intelektual sedang kelas II di SLB B-C Abdi Pratama Bojongsari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan untuk menunjukkan kemampuan siswa baik sebelum diberikan intervensi, saat diberikan intervensi, dan sesudah diberikan intervensi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan engklek memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan bagi siswa dengan hambatan intelektual sedang. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor baseline A dalam 3 sesi yaitu skor 45 dari skor maksimal 90 untuk aspek membilang, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, dan menghubungkan jumlah benda dengan lambang bilangan. Sedangkan, tahap baseline A’ memperoleh skor 63 dari skor maksimal 90 dalam 3 sesi untuk aspek membilang, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, dan menghubungkan jumlah benda dengan lambang bilangan. Hal ini dapat dikatakan bahwa penerapan permainan engklek memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan bagi siswa dengan hambatan intelektual sedang. This study is purpose to know the effect of the application of engklek game to recognize the symbol of numbers skills for second grade students with moderate intellectual disabilities. The subjects of this study was student with moderate intellectual disabilities in second grade at SLB B-C Abdi Pratama Bojongsari. The method used in this study was the Single Subject Research (SSR) is a method using the A-B-A design. Data was collected by means of oral tests to show students' abilities both before the intervention was given, when the intervention was given, and after the intervention was given. The data analysis used in this study was an analysis of the conditions and analysis between conditions. The results showed that the application of engklek game has an influence on the ability to recognize the symbol of numbers for students with moderate intellectual disabilities. This can be seen from the acquisition of the A baseline score in 3 sessions, namely a score of 45 from a maximum score of 90 for counting, matching numbers with number symbols, and connecting the number of objects with number symbol aspect. Meanwhile, the A’ baseline stage obtained a score of 63 from a maximum score of 90 in 3 sessions for counting, matching numbers with number symbols, and connecting the number of objects with number symbol aspect. It can be said that the application of engklek game has an influence on the ability to recognize the symbol of numbers skills for students with moderate intellectual disabilities.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed. ; 2). M. Arif Taboer, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Khusus Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 9943 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2021 06:05 |
Last Modified: | 15 Mar 2021 06:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14567 |
Actions (login required)
View Item |