PENGARUH EFIKASI DIRI, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SMK BINA TEKNIKA

EKA NURBAETI SOLEKHA, . (2021) PENGARUH EFIKASI DIRI, NORMA SUBJEKTIF, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SMK BINA TEKNIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Efikasi Diri, Norma Subjektif, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa. Penelitian ini membutuhkan waktu selama 6 bulan terhitung dari bulan Maret 2020 sampai dengan September 2020. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini berjumlah 304 siswa dengan sampel sebanyak 161 siswa. Sampel tersebut mengacu pada tabel Isaac dan Michael dengan teknik pemilihan sampling menggunakan proportional random sampling. Variabel Terhadap Intensi Berwirausaha (Y), Efikasi Diri (X1), Norma Subjektif (X2), Pendidikan Kewirausahaan (X3) merupakan data primer yang didapat dari hasil penyebaran kuesioner penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, pertama uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas 0,200. Hasil uji linearitas nilai Linearity Efikasi Diri 0,000; Norma Subjektif 0,000; dan Pendidikan Kewirausahaan 0,000. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Efikasi Diri 0,651 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,536 < 10, Norma Subjektif 0,638 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,568<10, Pendidikan Kewirausahaan 0,609 > 0,1 dan nilai VIF 1,642 <10. Hasil uji heteroskedastisitas untuk Efikasi Diri 0,919 > 0,05, Norma Subjektif sebesar 0,960> 0,05, dan Pendidikan Kewirausahaan 0,800 >0,05. Ketiga uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ŷ = 1,856 + 0,224 X1+ 0,423 X2 + 0,520 X3. Keempat uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji t. Hasil uji F dalam tabel ANOVA yaitu F-hitung 100,239 > F-tabel 2,66. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Efikasi Diri, Norma Subjektif, dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Hasil uji t untuk Efikasi Diri adalah t hitung 3,666 > t tabel 1,975, Norma Subjektif 4,848> t tabel 1,975 dan Pendidikan Kewirausahaan t hitung 7,811 > t tabel 1,975. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh positif Efikasi Diri, terhadap Intensi Berwirausaha, terdapat pengaruh positif Norma Subjektif terhadap Intensi Berwirausaha, terdapat pengaruh positif Pendidikan Kewirausahaan terhadap Intensi Berwirausaha. Kelima analisis koefisien determinasi (R2) dengan hasil sebesar 0,657 yang bermakna 65% variabilitas variabel Intensi Berwirausaha dapat dijelaskan oleh Efikasi Diri, Norma Subjektif, dan Pendidikan Kewirausahaan. Sedangkan sisanya 35% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Intensi Berwirausaha, Efikasi Diri, Norma Subjektif, Pendidikan Kewirausahaan This study aims to determine whether there is an Self-Efficacy, Subjective Norms, and Entrepreneurship Education on Student Entrepreneurial Intention. This research takes 6 months from March 2020 to September 2020. In this study, the method used is the survey method. Affordable population in this study amounted to 304 students with a sample of 161 students. The sample refers to the Isaac and Michael tables with sampling selection techniques using proportional random sampling. Data is collected using a questionnaire method with a Likert scale. Learning Entrepreneurial Intention (Y), Self-Efficacy (X1), Subjective Norms (X2), Entrepreneurship Education (X3) are the primary data obtained from the results of the distribution of research questionnaires. The data analysis technique used is, first, the analysis requirements test consisting of normality and linearity tests. Normality test results are 0.200. Linearity test results of the value of the Deviation of Linearity Self-Efficacy 0.000, Subjective Norms 0.000, and Entrepreneurship Education 0.000. The two classic assumption tests consist of multicollinearity and heteroscedasticity tests. Multicollinearity test results for Self-Efficacy Tolerance value 0.651> 0.1 and VIF value of 1.536 <10, Subjective Norms 0.638> 0.1 and VIF value of 1.568, Entrepreneurship Education 0.609> 0.1 and VIF value of 1.642<10. Test results heteroscedasticity for Self-Efficacy 0.919> 0.05, Subjective Norms of 0.960> 0.05, and Entrepreneurship Education 0.800> 0.05. The three multiple linear regression tests with the results of the equation Ŷ = 1,856 + 0,224 X1+ 0,421 X2 + 0,520 X3. The four hypothesis tests consisted of the F test and t test. F test results in the ANOVA table are F-count 100.239 > F-table 2.66. This means that there is a joint influence between Self-Efficacy, Subjective Norms, and Entrepreneurship Education to Entrepreneurial Intention. The results of the t test for Self-Efficacy are t count 3.666 > t table 1.975, Subjective Norms 4.848> t table 1.975 and Entrepreneurship Education t count 7.811 > t table 1.975. This means that there is a positive effect on Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention, there is a positive effect on Subjective Norms on Entrepreneurial Intention, there is a positive effect on Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention. The fifth analysis of the coefficient of determination (R2) with a result of 0.657, which means 65% of the variability of variables Entrepreneurial Intention can be explained by Self-Efficacy, Subjective Norms, and Entrepreneurship Education. While the remaining 35% is influenced by other variables not examined. Keywords: Entrepreneurial Intention, Self-Efficacy, Subjective Norms, Entrepreneurship Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M 2) Roni Faslah, S.Pd, M.M
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 9415 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2021 07:49
Last Modified: 12 Mar 2021 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item