TEACHER TALK ADJUSTMENTS IN EFL CLASSROOMS

SRI NURUL SALIMIN AFAMERY, . (2018) TEACHER TALK ADJUSTMENTS IN EFL CLASSROOMS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SRI NURUL SALIMIN AFAMERY 2236149059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pola wacana di kelas EFL dan mengjabarkan penyesuaian terkait tuturan guru dalam interaksi kelas. Penelitian ini bersifat kualitatif dan data primernya adalah tiga transkrip kelas bahasa Inggris. Data dianalisa menggunakan model analisis wacana oleh Sinclair dan Coulthard. Struktur IRF (inisiasi, respos, tindak lanjutan) diperhatikan lebih dalam untuk menganalisa pola wacana di kelas. Pola yang paling dominan adalah inisiasi olrh guru yang terdiri dari transaksi untuk pemberian informasi (informing), pengarahan (directing) dan pancingan (eliciting) untuk siswa. Inisiasi ini sebagian besar diikuti oleh tanggapan siswa secara langsung, namun keseimbangan inisiasi guru dan siswa haruslah ada dalam proses pembelajaran. Penerjemahan, peralihan kode, penyederhanaan, pengulangan dan paraphrase adalah penyesuaian yang ada di transkrip SD, SMP dan SMA. Kesamaannya terdapat pada penyederhanaan yang muncul di ketiga tingkatan tersebut. Penyederhanaan cocok untuk pelajar pemula dan menengah karena kosakata bahasa Inggris siswa terbatas untuk kemampuan berpikir mereka. Perbedaan dari penyesuaian yang ada terdapat pada pengulangan yang hanya ditemukan di tingkat SD dan tingkat SMP untuk membantu siswa mengucapkan bahasa Inggris. Parafrase hanya terdapat di tingkat SMP dan SMA. Paraphrase dapat membantu guru meningkatkan perolehan bahasa siswa menengah ke atas disesuaikan dengan tingkat berpikir kritis mereka. Penerjemahan dan pengalihan kode ke bahasa Indonesia hanya ditemukan di tingkat SMP, namun, guru dapat mengintegrasikannya sebagai sumber dan strategi pengajaran bahasa Inggris khususnya bagi pelajar muda.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Sri Sumarni, M.Pd 2) Dr. Darmahusni, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Nov 2019 14:21
Last Modified: 13 Nov 2019 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item