FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MELUKIS PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DENGAN MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI PKBM NEGERI 07 CENGKARENG

KURNIASIH, . (2021) FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MELUKIS PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DENGAN MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI PKBM NEGERI 07 CENGKARENG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan melukis program kesetraan paket C dengan menggunakan kurikulum 2013 di PKBM Negeri 07 Cengkareng dan mengidentifikasi faktor-faktor penghambat apa saja dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan melukis program kesetaraan paket C di PKBM Negeri 07 Cengkareng. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah penggabungan data, pengolahan data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangualasi sumber. Dari penelitian tersebut peneliti memperoleh proses pembelajaran keterampilan melukis program kesetaraan paket C dengan menggunakan kurikulum 2013 di PKBM Negeri 07 Cengkareng yaitu sudah menerapkan kurikulum 2013, membutuhkan adanya sarana dan prasarana yang memadai serta media pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran keterampilan melukis dengan menggunakan kurikulum 2013 di PKBM Negeri 07 Cengkareng juga masih mengalami berbagai hambatan yang cukup berarti. Hambatan tersebut dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu : a) faktor internal yang beruoa jasmaniah, psikologis, dan kelelahan. b) faktor eksternal yang berupa faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Faktor-faktor Penghambat, Pembelajaran Keterampilan Melukis *************** ABSTRACT This study aims to describe the learning process of painting skills in the package C equivalency program by using the 2013 curriculum at PKBM Negeri 07 Cengkareng and to identify any inhibiting factors in the implementation of learning painting skills for the package C equivalency program at PKBM Negeri 07 Cengkareng. The type of research used in this research is qualitative. Data collection methods used were observation, interviews and documentation. The analytical method used is data combining, data processing, and conclusions. Test the validity of the data using the source triangualation technique. From this research, the researchers obtained the learning process of painting skills in the package C equivalency program by using the 2013 curriculum at PKBM Negeri 07 Cengkareng, which has implemented the 2013 curriculum, requiring adequate facilities and infrastructure as well as learning media to improve the quality of learning. Learning painting skills using the 2013 curriculum at PKBM Negeri 07 Cengkareng also still experiences significant obstacles. These obstacles are grouped into two factors, namely: a) internal factors which include physical, psychological, and fatigue. b) external factors in the form of family factors, school factors, and community factors. Keywords: Curriculum 2013, Inhibiting Factors, Learning Painting Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Karta Sasmita Ph.d ; 2). Adi Irvansyah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 9836 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:49
Last Modified: 16 Mar 2021 06:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item View Item