IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA SEKOLAH INKLUSI

FANNY CHOIRUNNISA PANDUWINATI, . (2020) IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA SEKOLAH INKLUSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Daftar Isi-converted.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB 1-converted.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB 2-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5-converted.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pembentukan karakter siswa di SDN jatinegara 05 pagi. Adapun tujuan penelitian ini untuk memperoleh data atau informasi mengenai implementasi pembentukan karakter siswa di SDN jatinegara 05 pagi, serta mengetahui faktor apa saja yang mendorong dan menghambat dalam pembentukan karakter di di SDN Jatinegara 05, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 orang siswa. 2 orang sebagai informan kunci dan yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru Kelas. Serta, satu perwakilan guru berkebutuhan khusus dan orangtua murid sebagai informan pendukung. Untuk memperoleh data penelitian dilakukan observasi dan wawancara yang mendalam dengan informan, sedangkan sumber data pendukung didapatkan melalui studi literatur dari berbagai sumber buku, jurnal dan dokumentasi berupa foto selama proses pengambilan data. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa pertama, nilai-nilai karakter yang sangat ditekankan ialah religius, toleransi, peduli sosial, kejujuran, dan tanggungjawab. Karena basic sebagai sekolah inklusi toleransi dan peduli sosial sangat penting untuk dikembangkan kepada peserta didik. Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan sekolah dan proses pembelajaran. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor pendorong maupun penghambat. Faktor pendorong pertama, fasilitas pada sekolah ini sudah cukup memadai proses belajar pun terlaksana dengan baik. Kedua, sekolah memiliki tenaga pendidik yang berkompeten di bidangnya dengan tersedianya sosialisasi dan pelatihan yang mendukung. Terdapat faktor penghambat yaitu, dari diri individu siswa itu sendiri dan orangtuamurid. Disadari oleh pihak sekolah bahwa Guru dan Tenaga Pendidik lainnya tidak dapat memaksakan kehendak siswa dalam optimalisasi pembentukan karakter ini. ***** This study examines the implementation of character building for students at SDN Jatinegara 05 Pagi. The purpose of this research is to obtain data or information regarding the implementation of character building for students at SDN Jatinegara 05 Pagi, and to find out what factors encourage and hinder character building at SDN Jatinegara 05, East Jakarta. This study uses a qualitative method. The subjects of this study were 4 students. 2 people as key informants and consisting of the Principal and Class Teachers. Also, a representative of teachers with special needs and parents of students as supporting informants. To obtain research data, observations and in-depth interviews were carried out with informants, while supporting data sources were obtained through literature studies from various sources of books, journals and documentation in the form of photos during the data collection process. The findings of this study indicate that first, the character values that are emphasized are religion, tolerance, social care, honesty, and responsibility. Because the basic as an inclusive school, tolerance and social care are very important to be developed for students. This is done through school activities and the learning process. This is influenced by various factors, both driving and inhibiting factors. The first driving factor is that the facilities at this school are sufficient and the learning process is carried out well. Second, schools have educators who are competent in their fields with the provision of supportive socialization and training. There are inhibiting factors, namely, from the individual students themselves and their parents. It is realized by the school that teachers and other educators cannot force the will of students in optimizing this character formation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rosita Adiani, MA 2). Devi Septiandini, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 10067 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:01
Last Modified: 16 Mar 2021 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item