PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENGENALKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Pengembangan Karya Inovatif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 9 Aceh Barat)

RESSI AGUSTIN, . (2021) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENGENALKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Pengembangan Karya Inovatif untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri 9 Aceh Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (398kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah media yang dapat digunakan untuk mengenalkan dan menstimulasi disiplin diri anak khususnya anak usia 5-6 tahun. Diharapkan dengan menggunakan media berupa video animasi tersebut disiplin diri anak usia 5-6 tahun dapat berkembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Responden dalam penelitian pengembangan ini adalah 10 orang anak usia 5-6 tahun, ahli media, ahli materi dan 5 orang guru PAUD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media video animasi mengenal kegiatan disiplin dengan judul “Aku Anak Disiplin”. Pengumpulan data menggunakan kuisioner skala 1-4 dan wawancara kepada anak. Hasil penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh para ahli, yaitu ahli media dan ahli materi, diperoleh presentase penilaian ahli materi yaitu sebesar 85% dengan kesimpulan sangat baik dan presentase penilaian ahli media yaitu sebesar 75% dengan kesimpulan baik. Serta penilaian dari guru memperoleh presentase sebesar 90.62% dengan kesimpulan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kepada anak dengan nilai rekapitulasi media video animasi “Aku Anak Disiplin” mendapatkan persentase sebesar 86% dengan kesimpulan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian media video animasi “Aku Anak Disiplin” dapat digunakan sebagai video pembelajaran dalam mengenalkan karakter disiplin anak usia 5-6 tahun. The objective of this development research is to produce a medium used to introduce and stimulate self-discipline of children age of 5-6 years old. It is expected that by using this medium, the self-discipline of 5-6 years old-children can develop. This study is development research using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. Respondents in this development research were 10 children aged 5-6 years, media experts, material experts and 5 PAUD teachers. This research is a research on the development of animated video media regarding disciplinary activities with the title "Aku Anak Disiplin". The data were collected by questionnaires 1-4 scale and interviews with children. The results of this present study used the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model. Based on the assessment given by experts, namely media and material experts, the percentage of material expert assessment was 85% with very good conclusions and the percentage of media expert assessment was 75% with good conclusions and the assessment from the teacher was 90.62% with a very good conclusion. Based on the result test for children with a recapitulation value of animated video media "Aku Anak Disiplin" got a percentage of 86% with very good conclusions. Based on the research results, the animated video media "Aku Anak Disiplin" can be used as a learning video in introducing the character of discipline for children aged 5-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, M.Pd, MM 2). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 9869 not found.
Date Deposited: 16 Mar 2021 07:37
Last Modified: 16 Mar 2021 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14817

Actions (login required)

View Item View Item