HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 6-7 TAHUN (Studi Korelasi pada Siswa Kelas 1 SDN Telaga Murni 02 Cikarang Barat - Bekasi)

PUSPITA NINGRUM, . (2016) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 6-7 TAHUN (Studi Korelasi pada Siswa Kelas 1 SDN Telaga Murni 02 Cikarang Barat - Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT B.INGGRIS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
ABSTRAK B.INDO.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (158kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (96kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Penelitian korelasional ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan kemandirian anak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Telaga Murni 02, Cikarang Barat-Bekasi pada bulan September tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian sebanyak 40 anak kelas 1 SD. Metode pegambilan data menggunakan kuesioner interaksi sosial anak dan kuesioner kemandirian siswa kelas 1. Validitas dan reliabilitas isi instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data untuk menghitung harga mean, median, modus dan varians. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan linieritas menggunakan korelasi product moment menghasilkan Ŷ = 27,84 + 0,29X, selanjutnya dilakukan uji signifikasi korelasi product moment dengan rhitung = 0,329 > rtabel = 0,312 pada taraf signifikasi a = 0,05 dengan n=40. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, maka koefisien korelasi positif signifikan, dengan perhitungan koefisien determinasi (rxy2) sebesar 0,108 atau 10,8%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara interaksi sosial anak disekolah dengan kemandirian anak usia 6-7 tahun siswa kelas 1 Sekolah Dasar di SD Negeri Telaga Murni 02, Bekasi. Implikasi dalam penelitian ini adalah interaksi sosial anak disekolah merupakan salah satu peranan penting dalam tahap perkembangan kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yenina Akmal, M.Hum ; 2). Dr. Nurjannah,SP.M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2019 15:58
Last Modified: 13 Nov 2019 15:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item View Item