MUHAMMAD GILANG GUMILANG PUJA ASMARA, . (2021) PERANAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS VI SDN PEJATEN TIMUR 07. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (658kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan psikologis seseorang untuk melakukan suatu tindakan yang bertujuan untuk mencapai tujuan belajar. Sehingga motivasi belajar memberikan pengaruh dan dorongan energi. Motivasi belajar juga dipengaruhi oleh dukungan orang tua. Karena orang tua sebagai pengganti guru saat melakukan pembelajaran dirumah. Apalagi disaat kondisi dan situasi pembelajaran jarak jauh seperti ini, guru melakukan komunikasi terhadap orangtua siswa untuk membimbing dalam mengerjakan tugas dan materi yang telah diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya peranan orang tua terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani pada siswa kelas VI di SDN Pejaten Timur 07. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan metode survey atau non eksperimen yaitu tidak dilakukan intervensi terhadap variabel dengan jumlah sampel 64 siswa. Uji statistik menggunakan Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov. Hasil penelitian didapatkan nilai skor 0,771 yang berarti > 0,05. Maka dari itu dapat dinyatakan bahwa variabel berdistribusi normal. Kata kunci : Motivasi belajar, peranan orang tua, pendidikan jasmani ABSTRACT. Motivation to learn is a psychological encouragement for someone to take an action that aims to achieve learning goals. So that motivation to learn gives influence and energy boost. Motivation to learn is also influenced by parental support. Because parents are substitutes for teachers when learning at home. Especially when the conditions and situations of distance learning are like this, the teacher communicates with the parents to guide them in doing the assignments and materials that have been given by the teacher. This study aims to determine whether the role of parents in learning motivation in Physical Education subjects in grade VI students at SDN Pejaten Timur 07. . In this research, the type of research used is quantitative using survey or non-experimental methods, that is, there is no intervention on variables with a sample size of 64 students. The statistical test used the Kolmogorov Smirnov Normality Test. The results of the study obtained a score of 0.771 which means> 0.05. Therefore it can be stated that the variables are normally distributed. Key words: learning motivation, the role of parents, physical education
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Kurnia Tahki, M.Pd 2) Dr. Iwan Setiawan, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 10196 not found. |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 05:34 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 05:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14889 |
Actions (login required)
View Item |