PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT

PUTRI MONICA SOPHI, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN KEBON JERUK JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pokok bahasan bangun ruang dan bangun datar, semester II Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Kelurahan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pemilihan sampling terpilih SDN Kebon Jeruk 01 Pagi Jakarta Barat sebagai sampel penelitian. Kelas IVA dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVB dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengujian data dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil pengujian hipotesis didapat thitung = 2,569 > ttabel = 1,672 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Oleh sebab itu, sekolah perlu mengembangkan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk materi yang diajarkan dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan akan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd, ; 2). Nidya Chandra Muji Utami, S.Pd, M.Si,
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:24
Last Modified: 13 Nov 2019 16:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item