Pengaruh Role Play dalam Konseling Kelompok untuk Menurunkan Tingkat Bullying (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XII di SMK Negeri 41 Jakarta)

Putri Nuliandini, . (2016) Pengaruh Role Play dalam Konseling Kelompok untuk Menurunkan Tingkat Bullying (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XII di SMK Negeri 41 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 lampiran.pdf

Download (10MB)
[img] Text
3 Riwayat hidup.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh role play dalam konseling kelompok untuk menurunkan tingkat bullying peserta didik kelas XII SMK Negeri 41 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah delapan belas orang siswa kelas XII SMK Negeri 41 Jakarta yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tingkat bullying. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan bantuan program SPSS 20.0 yang menunjukkan bahwa tingkat bullying memperoleh Sig = 0,002, yang berarti lebih kecil dari nilai signifikansi α 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat bullying peserta didik yang mendapatkan layanan konseling kelompok dengan metode role play lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang tidak mendapatkan layanan konseling kelompok dengan metode role play. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, role play dalam konseling kelompok berpengaruh terhadap penurunan tingkat bullying siswa. Oleh karena itu, guru bimbingan dan konseling dapat menjadikan role play dalam konseling kelompok sebagai salah satu bentuk alternatif penanganan untuk menangani siswa yang memiliki tingkat bullying yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wirda Hanim, M.Psi ; 2). Dra. Atiek Sismiati S.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 13 Nov 2019 16:28
Last Modified: 13 Nov 2019 16:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item