DINDA SUMARTI INDAH SARI SURBAY, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MELOMPAT BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR SDN MATOA KELAS BAWAH DI KABUPATEN KAIMANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
bab 1.pdf Download (209kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
cover pdf..pdf Download (744kB) |
|
Text
surat publikasi pdf.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan yang dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas bawah sehingga dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran, khususnya pada materi gerak dasar melompat, sesuai dengan tujuan yang digunakan oleh peneliti yaitu sampai lima langkah penelitian atau sampai tahap revisi desain, yang dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D) dari Sugiyono. Setelah peneliti membuat beberapa produk model pembelajaran, tahap selanjutnya adalah melalui tahap proses validasi yang dilakukan oleh tiga orang para ahli atau telaah pakar (Expert Judgment), kemudian setelah divalidasi maka akan direvisi model yang sudah divalidasi untuk diterapkan di sekolah dasar kelas bawah. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap revisi desain saja dikarenakan keadaan sekarang ini yang masih dalam masa pandemi COVID-19 yang belum tahu kapan akan berakhir. Kesimpulan pada model pembelajaran gerak dasar melompat berbasis permainan ini, dapat digunakan untuk guru di sekolah dasar dalam memberikan pembelajaran gerak dasar melompat yang dapat diterapkan untuk siswa sekolah dasar kelas bawah. This study aims to create and produce a game-based jumping basic motion learning model product that can be applied to lower grade elementary school students so that it can help teachers during the learning process, especially in basic jumping motion material, in accordance with the objectives used by researchers, namely up to five the research step or until the design revision stage, where this study uses the Research & Development (R & D) research method from Sugiyono. After the researcher makes several learning model products, the next step is to go through the validation process stage carried out by three experts or expert judgment (Expert Judgment), then after being validated, the validated model will be revised to be applied in lower grade elementary schools. In this study, it only reached the design revision stage because the current situation, which was still in the COVID-19 pandemic, did not know when it would end. The conclusion on this game-based jumping basic motion learning model, can be used for teachers in elementary schools in providing learning basic motion jumps that can be applied to lower grade elementary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Iwan Setiawan, M. Pd ; 2). Slamet Sukriadi, S.Pd, M.Pd |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 10322 not found. |
Date Deposited: | 22 Mar 2021 06:02 |
Last Modified: | 22 Mar 2021 06:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14916 |
Actions (login required)
View Item |