STUDENTS’ TALK IN AN ENGLISH INTERNATIONAL KINDERGARTEN CLASSROOM: A CLASSROOM INTERACTION ANALYSIS

VININDA AULIA, . (2018) STUDENTS’ TALK IN AN ENGLISH INTERNATIONAL KINDERGARTEN CLASSROOM: A CLASSROOM INTERACTION ANALYSIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
VININDA AULIA SKRIPSI PDF.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi antara guru dengan siswa selama dikelas, yang berpusat pada ungkapan siswa. Penelitian ini bertempat di Sekolah Internasional Kristen Raffles, Kelapa Gading, Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis interaksi kelas yang menggunakan Initiation-Response-Follow-up menurut paham Halliday dan Matthiessen tahun 2004 untuk menganalisis data. Sumber data penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar dikelas teresebut dan siswa TK Sekolah Internasional Raffles Jakarta yang didapatkan melalui observasi kelas sebanyak empat kali. Penelitian ini menemukan bahwa guru mendominasi interaksi. Guru mengharapkan siswa berbicara lebih banyak dan guru juga perlu menanyakan beberapa pertanyaan untuk memancing siswa bicara. Penelitian ini juga menemukan bahwa ungkapan siswa yang paling banyak muncul dalam menanggapi ungkapan guru yaitu dengan menjawab pertanyaan guru. Berkaitan dengan jumlah kata usia 5 sampai 7 tahun yang mampu diungkapkan dalam setiap ujaran, penelitian ini mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa mampu menyatakan kalimat satu kata dalam setiap ujaran. Kenyataannya, pada usia tersebut, siswa diharapkan berbicara dan menanggapi ungkapan guru dalam satu kalimat penuh. Hasil tersebut menunjukkan bahwa meskipun sekolah tersebut adalah sekolah bertaraf internasional, tidak semua siswa di TK tersebut sudah menguasai struktur kebahasaan bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sri Sumarni, M.Pd 2) Nina Wanda Cassandra, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Nov 2019 09:30
Last Modified: 14 Nov 2019 09:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item View Item