PENGEMBANGAN PAPAN DADU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK AUTIS

FILZAH RESTU ALFRIYANI, . (2021) PENGEMBANGAN PAPAN DADU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN PAPAN DADU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK AUTIS (2021) Filzah Restu Alfriyani ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan produk berupa media papan dadu yang dapat membantu pembelajaran pada peserta didik autis dalam pengembangan komunikasi aktivitas sehari-hari. Pengembangan media ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Validasi dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli anak autis menggunakan kuesioner terbuka dan tertutup yang berbeda di setiap ahli. Hasil validasi para ahli menunjukkan bahwa media papan dadu komunikasi termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor ahli media 65%, sedangkan perolehan dari ahli materi dan ahli autisme masing-masing 74% dan 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan dadu ini dapat digunakan untuk membantu peserta didik autis dalam pembelajaran komunikasi aktivitas sehari-hari. Diharapkan guru dan orang tua dapat menggunakan media papan dadu pada pembelajaran komunikasi. Kata kunci : Pembelajaran Komunikasi, Pengembangan Media, Peserta Didik Autis. DEVELOPMENT OF DICE BOARD AS A COMMUNICATION LEARNING MEDIA FOR STUDENTS WITH AUTISM (2021) Filzah Restu Alfriyani ABSTRACT This study aims to produce and develop products in the form of dice board media that can help student with autism in learning and developing communication for daily activities. The development of this media used the Research and Development (RnD) method with the ADDIE development model which consists of five stages, namely the analyze, design, development, implementation and evaluation stages. The validation was carried out by three experts, namely media experts, material experts, and autism experts using open and closed questionnaires that are different in each expert. The results of the experts validation showed that the dice board media was in the good category with score of 65%, 74% and 80% from media, material and autism experts respectively. The results of this study indicate that the dice board media can be used to help students with autism in learning communication. It is hoped that teachers and parents can use the dice board media in learning communication. Keywords : Communication Learning, Media Development, Students With Autism

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd 2). Suprihatin, M.Ed.,Ed.D
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9932 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:41
Last Modified: 25 Jul 2022 01:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15210

Actions (login required)

View Item View Item