PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS IKLAN MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

RANI AYU WANDIRA DOKAINUBUN, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS IKLAN MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_RANI AYU WANDIRA DOKAINUBUN_1815118464.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis iklan pada siswa kelas V SDN melalui pendekatan quantum learning. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan non tes berupa instrumen pemantau tindakan, dan catatan lapangan. Uji validitas instrumen ditempuh melalui expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan quantum learning berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis iklan pada siswa kelas V SDN dengan memberikan gambar-gambar untuk percepatan belajar dan membawa siswa dalam kondisi yang nyaman. Persentase kemampuan menulis iklan pada siswa pada siklus I mencapai 71,66%, dan pada siklus II 85,66%. Hal tersebut meningkat karena persentase tindakan guru dan aktivitas siswa menggunakan pendekatan quantum learning pada siklus I 75% dan siklus II 95,85%. Dengan demikian penggunaan pendekatan quantum learning dapat meningkatkan kemampuan menulis iklan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahrurrozi, M.Pd., ; 2). Dra. Sehati Kaban, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:25
Last Modified: 14 Nov 2019 11:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item View Item