MODEL PERMAINAN KESEIMBANGAN BERBASIS TENDANGAN KODEUP YEOPCHAGI UNTUK ATLET TAEKWONDO JUNIOR KABUPATEN TANGERANG

IRVAN TEGUH DARMAWAN, . (2021) MODEL PERMAINAN KESEIMBANGAN BERBASIS TENDANGAN KODEUP YEOPCHAGI UNTUK ATLET TAEKWONDO JUNIOR KABUPATEN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER Fixx.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (860kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan untuk menghasilkan produk baru yang digunakan untuk meningkatkan keseimbangan terhadap tendangan kodeup yeopchagi atlet junior Kabupaten Tangerang. Pengambilan data dilakukan pada bulan November - Desember 2020 yang bertempat Di Dojang Pelacab Aula Kadu, Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R &D) dari ADDIE, yaitu dengan mengembangkan model permainan dengan 5 (Lima) tahapan, yaitu 1.) Analisis (Analyze), 2.) Desain (Design), 3.) Pengembangan (Development), 4.) Pelaksanaan (Implement), 5.) Evaluasi (Evaluate). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 13– 18 tahun yang berjumlah 15 anak sebagai subjek Uji Coba (Praktek Lapangan). Uji validasi yang digunakan pada penelitian adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang telah dibuat diujicobakan, kemudian dikonsultasikan dan dinilai oleh para ahli sesuai dengan variabel yang terkait. Uji coba yang dilakukan dengan memberikan 14 model permainan yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan pengisian angket justifikasi oleh dosen ahli (expert judgment). Setelah divalidasi oleh dosen ahli maka didapatkanlah 14 model permainan yang dianggap layak dan kemudian dilakukan uji coba. Model permainan ini nantinya dapat dijadikan referensi oleh para instruktur taekwondo, maupun dapat juga digunakan oleh pengajar di sekolah-sekolah sebagai permainan keseimbangan. Kesimpulan akhir yang diperoleh melalui penelitian ini adalah 14 model permainan keseimbangan terhadap tendangan kodeup yeopchagi untuk atlet junior Kabupaten Tangerang yang peneliti buat layak dilakukan serta digunakan. This study aims to develop a game model to produce new products that are used to improve the balance of the junior athletes from Tangerang Regency. Data collection was carried out in November - December 2020 which took place at the Pelacab Dojang Aula Kadu, Tangerang Regency. The research method used in this research is ADDIE's Research & Development (R & D) method, namely by developing a game model with 5 (five) stages, namely 1.) Analysis (Analyze), 2.) Design (Design), 3. ) Development (Development), 4.) Implementation (Implement), 5.) Evaluation (Evaluate). The population used in this study were 15 children aged 13-18 years, totaling 15 children as the subject of a trial (field practice). The validation test used in this study is to use the expert justification test, where the model that has been made is tested, then consulted and assessed by experts according to the related variables. Experiments were carried out by providing 14 game models that the researcher had made to be analyzed by filling out a justification questionnaire by an expert lecturer (expert judgment). After being validated by expert lecturers, 14 game models were deemed appropriate and then tested. This game model can later be used as a reference by taekwondo instructors, and can also be used by teachers in schools as a balance game. The final conclusion obtained through this study is 14 balance game models against the yeopchagi codeup kick for junior athletes in Tangerang Regency that the researchers made are feasible and use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fahmy Fachrezzy M.Pd 2). Dr. Hernawan S.E, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 10201 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 06:05
Last Modified: 31 Mar 2021 03:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item