GAMBARAN STRES AKADEMIK DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DEA YULIANAH, . (2021) GAMBARAN STRES AKADEMIK DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa dihadapkan dalam berbagai permasalahan dalam mengerjakan tugas akhirnya. Hal tersebut menimbulkan berbagai tekanan sehingga menyebabkan stres dan kesejahteraan psikologis menurun. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah skripsi dan sedang mengerjakannya sebanyak 267 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui survey dengan menyebarkan instrument stres akademik dan kesejahteraan psikologis serta dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 42% mahasiswa memiliki tingkat stres akademik dalam kategori tinggi dan sebesar 71% mahasiswa memiliki tingkat kesejahteraan psikologis dalam kategori sedang. Maka, mahasiswa harus memiliki kesadaran dengan berbagai cara yang sesuai karakteristik untuk menurunkan tingkat stres akademik dan meningkatkan kesejahteraan psikologis. College students are faced with various problems in doing their final assignments. This creates various pressures, causing stress and decreased psychological well-being. The sample of this research was 267 students taking thesis courses and working on them. Sampling was used purposive sampling technique. The method used is a quantitative method. The data collection was conducted by doing survey used instruments of academic stress and psychological well-being and has been analyzed using descriptive analysis. The results showed that 42% of respondents had a high level of academic stress and 71% of respondents had a moderate level of psychological well-being. Therefore, students must have awareness in a variety of ways according to characteristics to reduce levels of academic stress and improve psychological well-being.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ahmad Rifqy Ash-Shiddiqy, M.Pd. 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 10372 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 05:06
Last Modified: 22 Mar 2021 05:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15260

Actions (login required)

View Item View Item