PENERAPAN METODE COOPERATIF SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MEMBACA PADA WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET B (Studi Eksprimen di PKBM 21 Tebet Jakarta Selatan)

RATIH PUJI LESTARI, . (2016) PENERAPAN METODE COOPERATIF SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MEMBACA PADA WARGA BELAJAR PROGRAM PAKET B (Studi Eksprimen di PKBM 21 Tebet Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RATIH PUJI LESTARI.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu dan memperoleh data mengenai hasil belajar bahasa Indonesia pokok bahasan membaca dengan Penerapan Metode Cooperative Script Pada Warga Belajar Program Paket B. Di PKBM 21 Tebet, Jakarta Selatan. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni 2015 sampai dengan bulan Desember 2015, pada variabel metode Cooperative Script aspek yang dilihat ialah keterlibatan warga belajar dalam pembelajaran, pelaksanaan dan juga dalam evaluasi dan penilaian. Sedangkan dalam variabel hasil belajar warga belajar program paket B pelajaran bahasa Indonesia pada pokok bahasan membaca aspek yang dilihat ialah penekanan pada mengetahui perberdaan fakta dan opini dengan membaca intensif dan membuat resensi buku pengetahuan dengan benar (membaca memindai). Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dikarenakan terdapat variabel luar yang berpengaruh terhadap variabel dependen. Sebagai acuan dasar bagi peneliti untuk memperoleh data. Metode penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Peneliti menggunakan pendekatan metode ini dikarenakan hasil penelitian dapat diketahui secara akurat, dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu dengan pretest dan posttest. Hasil ratarata pretest yang diperoleh sebesar 6.61, sedangkan hasil rata-rata posttest yang diperoleh sebesar 8.8 terdapat kenaikan sebesar 2.07, dan nilai angket kuesioner dimana sebelumnya sudah dilakukan uji validitas dengan menggunakan rumus Product Moment. Hasil rumus tersebut dari 50 pernyataan yang terdapat pada kuesioner ada 10 pernyataan yang dinyatakan tidak valid, 40 pernyataan lainnya yang dinyatakan valid. Kemudian dilakukan uji reabilitas yang di yang diukur dengan rumus Alpa Cronbach sehingga didapat hasil rhitung > rtabel = 1.0424 > 0.514 demikian pernyataan yang digunakan dalam kuesioner atau angket ini dinyatakan realibel dengan kualifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil dari pretest dan posttest perkembangan hasil belajar dari warga belajar terbukti bahwa Penerapan Metode Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar. Hasil pengujian Penerapan Metode Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Membaca Pada Warga Belajar Program Paket B. Di PKBM 21 Tebet, Jakarta Selatan efektif untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karnadi,M.si ; 2). Drs. Widio Prihanadi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:55
Last Modified: 14 Nov 2019 11:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item