PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BERBASIS QR CODE MATERI IPS TENTANG KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

MASRIPAH, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BERBASIS QR CODE MATERI IPS TENTANG KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang berjudul Pop Up Kerajaan Islam di Indonesia. Produk tersebut diperuntukan bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kerajaan islam di Indonesia. Penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ASSURE. Responden dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari guru kelas IV sekolah dasar, siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karet 4 Jakarta, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil uji coba pengembangan Pop Up Kerajaan Islam di Indonesia kepada para ahli diperoleh nilai 81,67% untuk ahli materi, 98,571% untuk ahli bahasa dan 95,567% untuk ahli media. Hasil dari tahap uji coba one to one sebesar 95,83%. Penelitian dan pengembangan ini tidak dilanjutkan hingga tahap uji coba tahap small group dan field test, dikarenakan adanya dampak COVID-19. Berdasarkan hasil expert review, dapat dinyatakan bahwa produk Pop Up Kerajaan Islam di Indonesia merupakan produk yang valid dan layak, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang kerajaan islam di Indonesia pada kelas IV. Kata Kunci: Pop Up, Ilmu Pengetahuan Sosial, ASSURE, Penelitian dan Pengembangan This research and development aims to produce learning media products which called Pop Up of The Islamic Kingdoms in Indonesia. The product is intended for fourth grade of elementary school students in social studies learning about the Islamic kingdoms in Indonesia. This research refers to Research and Development (R&D) method by using the ASSURE model. Respondents in this research and development consisted of a fourth grade teacher of elementary school, fourth grade students of at state elementary school of Karet 4 Jakarta, a material expert, a linguist expert, and a media expert. The data’s collection technique that used were observations, interviews and questionnaires. The trial test result of development Pop Up of The Islamic Kingdoms in Indonesia to experts get score of 81,67% for material experts, 98,571% for linguist experts, and 95,567% for media experts. The result of one to one trial phase was 95,83%. This research and development could not proceed to the small group and field test phase, due to the impact of the COVID-19. Based on the result of expert review, it could be states Pop Up of The Islamic Kingdoms in Indonesia’s product is valid and feasible, so it can be used in social studies learning about the Islamic kingdoms in Indonesia at fourth grade. Keywords: Pop Up, Social Studies, ASSURE, Research and Development

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. ; 2) Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10246 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:19
Last Modified: 22 Mar 2021 07:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15308

Actions (login required)

View Item View Item