PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA

ADE HADIATI NUZULIANA, . (2015) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi_Ade Hadiati Nuzuliana_3215111227_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Telah dikembangkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran fisika pada pokok bahasan fluida statis. Penelitian ini dilakukan di jurusan pendidikan Fisika FMIPA UNJ pada tahap pengembangan dan uji terbatas penggunaan video pembelajaran fisika di SMAN 105 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan langkah-langkah : (1) studi literatur, (2) analisis kebutuhan, (3) desain video pembelajaran, (4) pengembangan video pembelajaran, (5) validasi, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Video pembelajaran telah melalui tahap uji validasi dengan persentase pencapaian sebesar 83% menurut ahli materi, 84,1% menurut ahli media, dan 90,1% menurut pendidik fisika SMA/SMK yang diinterpretasikan sangat baik, serta 72% menurut ahi pembelajaran yang diinterpretasikan baik. Hasil uji terbatas terhadap peserta didik menunjukkan persentase pencapaian sebesar 86,1% yang menunjukkan kepeminatan peserta didik untuk menyaksikan video pembelajaran fisika pada materi fluida statis yang telah dikembangkan. Didapatkan kenaikan dari hasil pretest dan postest yang diujicobakan pada peserta didik, yaitu dari nilai rata-rata pretest 61,13 menjadi 87,87 saat postest. Berdasarkan hasil uji validasi, uji coba, dan hasil tes pretest postest dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran fisika hasil pengembangan telah memenuhi persyaratan sebagai media pembelajaran fisika SMA kelas X

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fauzi Bakri, S.Pd, M.Si ; 2). Dr. Esmar Budi, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: .rina kusniwati .
Date Deposited: 14 Nov 2019 14:53
Last Modified: 14 Nov 2019 14:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item