ANALISIS MENTAL STATES SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 4 JAKARTA

ADE MELIANAH, . (2015) ANALISIS MENTAL STATES SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI HIDROLISIS KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_ADE+MELIANAH_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mental states siswa kelas XI MIA pada pembelajaran hidrolisis. Kondisi mental siswa dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mental States Conceptual Learning Inventory (MSCLI) yang terdiri dari empat indikator yaitu emosi, minat, representasi mental internal, dan representasi mental eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif. Instrumen MSCLI efisien terhadap waktu dan dapat diterapkan untuk sampel siswa dalam jumlah besar sehingga peneliti dapat memperoleh pemahaman siswa dalam pembelajaran hidrolisis di kelas. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA 2 SMAN 4 Jakarta pada Maret sampai April 2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi mental siswa sangat berhubungan dengan hasil belajar. Secara keseluruhan siswa yang memiliki hasil belajar rendah cenderung memiliki emosi yang negatif dan minat yang rendah. Namun sebaliknya, siswa yang memiliki hasil belajar yang tinggi cenderung memiliki emosi yang positif dan minat yang tinggi dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muktiningsih, M.Si ; 2). Darsef Darwis, M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: .rina kusniwati .
Date Deposited: 14 Nov 2019 15:57
Last Modified: 14 Nov 2019 15:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item