PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PROGRAM ANALISA STRUKTUR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RAFLY ANDI HANAFI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PROGRAM ANALISA STRUKTUR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat digunakan untuk mata kuliah Program Analisa Struktur Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Penelitian dilakukan dalam 5 tahapan, yaitu 1) Analyze 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner untuk analisa kebutuhan, uji validasi media oleh validator dan uji coba terbatas oleh peserta uji coba. Hasil Penelitian yaitu software multimedia yang dapat dioperasikan menggunakan perangkat komputer Windows dan berdasarkan hasil uji validasi, multimedia dinyatakan layak dengan skor 86,67% untuk aspek bahasa, 87,69% untuk aspek materi dan 89,17% untuk aspek media. Media kemudian diuji coba terbatas dengan 15 peserta uji coba. Hasil uji coba menunjukkan skor sebesar 87,39% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah Program Analisa Struktur. This study aims to produce interactive multimedia-based learning media that can be used for the course of the Jakarta State University Structure Analysis Program. This research is a development research (R&D) using the ADDIE research model. The research was conducted in 5 stages, namely 1) Analyze 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Data collection was carried out using a questionnaire for needs analysis, media validation testing by validators and limited trials by trial participants. The results of this research are multimedia software that can be operated using Windows computers and based on the results of the validation test, multimedia is declared feasible with a score of 86.67% for the language aspect, 87.69% for the material aspect and 89.17% for the media aspect. The media was then tested limitedly with 5 trial participants. The trial results showed a score of 92% in the very good category. It can be concluded that interactive multimedia is feasible and can be used as a learning medium for the Structure Analysis Program course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Arris Maulana, ST. MT. ; 2). Dr. Riyan Arthur, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 9468 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 08:43
Last Modified: 25 Mar 2021 08:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item