UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING PADA KELAS X ADMINISTRASI 2 DI SMK YPK KESATUAN

WIWIN EKA HANDAYANI, . (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BEKERJASAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING PADA KELAS X ADMINISTRASI 2 DI SMK YPK KESATUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
WIWIN EKA HANDAYANI.pdf

Download (440kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk mengetahui apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan strategi Problem-Based Learning. Diharapkan setelah dilakukannya pelaksanaan tindakan kelas dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam dalam proses kegiatan belajar sehingga secara langsung berdampak pada hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 1 bulan di bulan Juni, dengan 3 siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 di SMK YPK Kesatuan Jakarta Selatan. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan mengikuti tahapan siklus dan langkah-langkah yang telah ditetapkan sehingga tujuan dari pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan strategi Problem-Based Learning tercapai. Hasil dari penerapan Contextual Teaching and Learning dengan strategi Problem-Based Learning dapat dilihat pada keaktifan siswa pada saat proses belajar dan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan Contextual Teaching and Learning dengan strategi Problem-Based Learning telah meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data yang didapatkan, hasil belajar siswa pada tiap siklus mengalami kenaikan dari kondisi awal yaitu pada siklus I hasil perolehan rata-rata kelas sebesar 71.07, hasil belajar siswa menjadi naik sebesar 68% dengan jumlah siswa yang tuntas dalam belajarnya 19 siswa. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sebesar 73.93, hasil belajar siswa naik sebesar 89% dengan jumlah siswa yang tuntas dalam belajarnya sebanyak 25 siswa. Dan hasil belajar siswa pada siklus III perolehan rata-rata kelas sebesar 82.14, hasil belajar siswa naik menjadi 100%. Sehingga, penerapan Contextual Teaching and Learning dengan strategi Problem-Based Learning diharapkan dapat diterapkan oleh para pendidik sebagai inovasi pendidikan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Widya Parimita, SE., MPA 2.) Dewi Nurmalasari, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 15 Nov 2019 09:08
Last Modified: 15 Nov 2019 09:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item