GISCA MEZITAMA, . (2014) PERANCANGAN SISTEM KEMUDI DAN SUDUT SLIP BAN PADA KENDARAAN HEMAT ENERGI (STUDI PADA KENDARAAN MESIN BERKAPASITAS 100 CC). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembanganteknologimengenaisistemkemudisemakincanggih, padasaatinisudahbanyakberedarberbagaikemudi yang menggunakan berbagai macammodel kemudi, namun model kemudi yang seringdigunakanpadamobil-mobilsekaranginiadalah modelrack andpinion.Modelrack and pinionbanyakdigunakanpadakendaraankecilumumnya yang menempatkanrodadepandidepansistemkemudi.Penelitianinibertujuanuntukmerancang sistem kemudimenggunakan sistem kerja kemudislidinggesersertamenghitungnilaisudutslippada ban depandanbelakanguntukmenentukanperilakubelokkendaraanapakahtermasukdalamperilakubelokkendaraanundersteeratauoversteer.Sistem kemudi yang dirancang menggunakan cara kerja sistem kemudislidinggeser. Sudut slip ban dapat dihitung dengan mencari gaya-gaya pada ban.Gaya tersebut meliputi gaya sentrifugal, gaya vertikal dan gaya lateral.Sistemkemudi dibuat dengan cara merancang desain dan membuatdesainnya. Desainsistem kemudi dapat menentukan sudut belok kendaraan. Perhitungan sudut slipmenggunakan data hasil pengukuran berat total kendaraan, gaya lateral,dangayavertikal.Hasil yang didapatkan dengan perancangan sistem kemudi yaitu sudutbelok roda bagian dalam sebesar50° dan sudut belok roda bagian luar sebesar36°. Hasilperhitungan sudut slip ban dengan variabel kecepatan 30 km/jam, 40km/jam, dan 50 km/jam nilai rata-rata sudut slip ban belakang dengan adalah12,85°dan rata-rata sudut slip ban depan adalah 2°. Hal ini menunjukan bahwakendaraan hemat energi berperilakuoversteer. *********** The development of the technology is getting advanced steering system , thenow widely circulated various steering that uses a variety of models of steering ,but steering models are often used on cars today is the rack and pinion models .Rack and pinion models are widely used in small vehicles generally are put infront of the front wheel steering system . This study aims to design a steeringsystem steering system usesa sliding shear work and calculate the value of slipangle on the front and rear tires to determine whether the vehicle turn behaviorincluding the behavior of the vehicle understeer or oversteer turn.The steering system is designed to use the workings ofthe steering systemof a sliding shear . Tire slip angle can be calculated by finding the forces on thetires . The styles include centrifugal force , vertical force and lateral force . Thesteering system is made by way of designing and making designs .The design ofthe steering system can determine the vehicle turn a corner. Slip angle calculationusing the measured data the total weight of the vehicle , lateral force , andvertical force .The results obtained with the design of the steering system that turns innerwheel angle of 50° and theouter wheel turn angle of 36°. The results of thecalculation of tire slip angle with a variable speed of 30 km / h , 40 km / h , and 50km / h average value with the rear tire slip angle is 12.85° and the average fronttire slip angle is 2° . This shows that the energy-efficient vehicleisoversteer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Catur Setiawan Kusumohadi, M.T. ; 2). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 01:14 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 01:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15655 |
Actions (login required)
View Item |