PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MEMBANGUN KESADARAN BUDAYA DI SMA SULTHON AULIA BOARDING SCHOOL BEKASI

ADITYA FEBRIANSYAH RAMADHAN, . (2018) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MEMBANGUN KESADARAN BUDAYA DI SMA SULTHON AULIA BOARDING SCHOOL BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (318kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (324kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa komik mengenai kesadaran ragam budaya yang ditujukan untuk kelas X di SMA Sulthon Aulia Boarding School Bekasi. Jumlah populasi penelitian terdiri dari 4 kelas X. Sampel yang diambil pada penelitian sebanyak 80 peserta didik. Peneliti menggunakan teknik simple random sampling dalam pengambilan sampel. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen (Margono, 2014). Metode penelitian yang digunakan merupakan metode pengembangan Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Adapun tahapan model pengembangan yang dilakukan adalah analisis, desain, dan pengembangan. Alat pengumpul data berupa angket dan wawancara. Komik yang dikembangkan ini adalah sebuah buku bergambar yang berisikan mengenai cerita-cerita ragam budaya yang tiap episodenya mengandung isu budaya etnis. Komik ini akan memiliki 3 cerita dari setiap 3 isu yang berbeda, terdiri dari stereotip, mikroagresi, dan diskriminasi. Penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli konten dan peserta didik. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa hasil evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media 70%, penilaian ahli konten 86%, penilaian peserta didik terhadap media mencapai 87.5%, dan penilaian capaian kinerja peserta didik mencapai 92.5%. Hasil pengembangan komik untuk membangun kesadaran budaya dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hilma Fitriyani, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Nov 2019 11:17
Last Modified: 15 Nov 2019 11:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item