HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENATAAN RAMBUT DAN RIAS FANTASI MAHASISWA TATA RIAS DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

LAILY QURROTI AYUNIN, . (2014) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH PENATAAN RAMBUT DAN RIAS FANTASI MAHASISWA TATA RIAS DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Laily Qurroti Ayunin - 5535097258.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Penataan Rambut dan Rias Fantasi Mahasiswa Tata Rias Di Universitas Negeri Jakarta.Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan terhitung sejak bulan Desember 2013 sampai Januari 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode surveypendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Tata RiasIKK FT UNJangkatan 2010 yang sudah mengikuti mata kuliah penataan rambut dan rias fantasi.Sedangkan sampel yang diambil adalah sebanyak 22 mahasiswa S1 Tata Riasnon regulerIKK FT UNJ angkatan 2010 yang mengikuti mata kuliah penataan rambut dan rias fantasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Untuk menjaring data variabel X (Kemandirian Belajar), digunakan instrument berbentuk kuesioner, yang disebar kepada Mahasiswa S1 Tata Rias IKK FT UNJ, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (Prestasi Belajar) digunakan data sekunder berupa data dari lembar format 06. Hasil reliabilitas variabel X (Kemandirian Belajar) sebesar 0,933Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 56,42 + 0,132X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji liliefors dan diperoleh Lhitung= 0,184 dibandingkan dengan Ltabelpada taraf signifikan 0,05 sebesar 0,190 maka Lhitung < Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal.Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (19,54) > Ftabel(4,35) ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji Kelinieran menghasilkan Fhitung(7,12) < Ftabel(8,69), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji Koefisien korelasi product momentmengahsilkan rxysebesar 0,703. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung= 4,42 sedangkan ttabelpada dk = (n-2) = (22 -2) = 20 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 1,72, bearti thitung >ttabel.Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2= (0,703)2= 0,4942. Ini menunjukkan bahwa 49,42% variansiprestasi belajar ditentukan oleh Kemandirian Belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar mata kuliah penataan rambut dan rias fantasi. ******** This study aims to achieve a valid and reliable data about how far the Relationship Between Independence Learning Achievement Subjects of Hair and Makeup Fantasy Program in State University of Jakarta.Thisresearch was carried out for 2 months starting from December 2013 to January 2014. The method used in this study are correlational survey method approach. The population of this research was students of S1 Makeup IKK UNJ FT class of 2010 who has followedthe course of Hair and Makeup Fantasy Program. While the samples are taken by 22 students S1 Makeup of non-regular IKK UNJ FT class of 2010 that followed the course of Hair and Makeup Fantasy Program. Purposive sampling is used to achieve this sampling technique.To capture data variabel X, questionnaires is needed, which then it is being distributed to the students of S1 Makeup IKK UNJ FT, after that validity test is being tested through a validation process, which is calculation of correlation co-efficient of score point with total score and reliability test with Alpha Cronbach Formula. However for variable Y secondary data is being used from data sheet 06. The result of reliability for variable X is 0,933.Test requirements analysis is done to obtain on equivalent regression equation such as Ŷ = 56,42 + 0,132X. Next is normality test based on (Y-Ŷ) by using liliefors test and obtained. Lhitung =0,814, compared to Ltabel on a significant value of 0,05 is 0,190.Therefore Lhitung <Ltabel. This means variable Y and Variable X is normally distributed. This significance test of regression is Fhitung (19,54) > Ltabel(4,35) which proses mean of regression. While linearity test produce Fhitung (7,12) < Ftabel (8,69), it states that the linear used the regression model. The test of correlation co-efficient produce moment. Produce rxywith an amount of 0,703. Proceed with co efficient signifant test by using test (t). The result shown is Thitung = 4,42, while Ttabel on dk = (n-2) = (22-2) = 20 and significant amount of 0,05 is 1,72, which means Thitung> Ttabel.Calculation of co-efficient determines to produce rxy2=(0,703)2= 0,4942. This shows 49,42% of variable Y by variable X. The conceusion of this Makeup and Hair do Program of variable X and Y is positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rita Susesty H ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 30 Mar 2021 02:08
Last Modified: 30 Mar 2021 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item View Item