PENGARUH DUKUNGAN ASPIRASI KARIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA KULIAH KEPENIDIKAN

JIHAN GUSVARINA NURAINI, . (2020) PENGARUH DUKUNGAN ASPIRASI KARIR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATA KULIAH KEPENIDIKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Jihan Gusvarina Nuraini, Pengaruh Dukungan Aspirasi Karir terhadap Motivasi Belajar Mata Kuliah Kependidikan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Dosen pembimbing: Dra. Nurlaila, M.Kes dan Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang pengaruh dukungan aspirasi karir terhadap motivasi belajar mata kuliah kependidikan. Salah satu keberhasilan yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa adalah kesiapan terhadap persiapan karir, yaitu untuk dapat memasuki dunia kerja yang sesuai dengan keahlian dan minatnya. Beragamnya pilihan dalam dunia pekerjaan membuat mahasiswa mengalami kebimbangan dalam memilih dan memutuskan jenjang karir yang akan digelutinya. Dalam proses pemilihan karir, keluarga terutama orang tua memiliki peran penting dalam menyalurkan aspirasi karir terhadap anak dengan memberikan dukungan dan informasi pengalaman atau pengetahuan yang dimiliki orang tua. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Metode pendekatan yang digunakan adalah survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 148 responden. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 Fhitung (88,65) > Ftabel (3,91), dan thitung (9,42) > ttabel (1,655). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variable aspirasi karir dengan variabel motivasi belajar mata kuliah kependidikan. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinan diperoleh hasil 37,78% yang dapat disimpulkan bahwa variable dukungan aspirasi karir memberikan sumbangan efektif terhadap motivasi belajar mata kuliah kependidikan dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Aspirasi karir, dukungan keluarga, motivasi belajar. ABSTRACT Jihan Gusvarina Nuraini, The Impact of Career Aspirations and Learning Motivation in Educational Courses, Thesis, Jakarta: Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Supervisor: Dra. Nurlaila, M.Kes and Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. The purposed of this study was to find out whether the career aspirations from parents related to motivation in learning educational courses. One of the achievement college student must have is the readiness for career preparation in order to get the suitable job. The variety of career options often make college student in confusion. Therefore, in choosing the career path, parents have huge contribution leading their children by giving them valuable information, aspiration, and support based on their experiences. The research was taken in Jakarta State University, family welfare education study program, faculty of engineering. The methods of this study was quantitative, survey with correlation approach. The data was taken using proportionate random sampling with 148 sample of respondents. The regression significant value 0,05 with Fcount (88,65) > Ftable (3,91), the significant value 0,05 with tcount (9,42) > ttable (1,655). This result shown there is any significant impact between career aspiration variable and learning motivation. Based on coefficient determinant the result was 37,78% and 62,22% affected by other factors. Keywords: Career aspirations, family support, learning motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). DRA. NURLAILA A.M, M.KES.; 2). DR. USWATUN HASANAH, M.SI.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 9483 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:45
Last Modified: 30 Aug 2022 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15670

Actions (login required)

View Item View Item