Desain Rem Untuk Mobil Urban Concept Jaya Raya Team Universitas Negeri Jakarta

Abdul Ma’ruf, . (2018) Desain Rem Untuk Mobil Urban Concept Jaya Raya Team Universitas Negeri Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi[5315131650-Abdul Ma'rup-S1 Pendidikan Vokasional Teknik Mesin-107].pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hal-hal yang mempengaruhi sistem rem, mendesain sistem pengereman untuk mobil urban concept jayaraya team Universitas Negeri Jakarta, mengalisisis pengaruh jenis piringan dan piston terhadap kekuatan pengereman, dan menentukan rem yang kuat dalam mengerem, baik dengan statis dikemiringan 120 maupun dengan keadaan dinamis dijalan lurus datar. Penelitian ini menggunakan jenis rem cakram single caliper, kampas rem yang digunakan adalah kampas rem original, system pengereman tidak menggunakan boster rem. Pengujian pada penelitian ini dilakukan dibidang miring pada jalan 120 dalam keadaan di rem dan dijalan lurus datar dengan kecepatan maksimum 30 km/jam lalu mengerem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode teknik analisis data secara langsung dan teknik analisis data secara tidak langsung. Berdasarkan hasil analisis data secara langsung dan analisis data secara tidak langsung didapatkan bahwa system pengereman dipengaruhi oleh diameter disk dan diameter piston, system pengereman variasi 1 (system pengereman motor dan disk motor diameter 296 mm) merupakan system pengereman yang cocok untuk mobil urban concept jayaraya team Universitas Negeri Jakarta, jenis piringan dan piston rem yang berdiameter besar dapat menghasilkan gaya pengereman yang besar sedangkan jenis piringan dan rem yang berdiameter kecil menghasilkan gaya pengereman yang kecil, pada system pengereman variasi 1 memiliki diameter disk 296 mm, luas penampang disk 42.776 mm2, radius efektif dari caliper 13,668 mm, luas area piston master rem 1,24 cm2, luas area piston caliper 10,43 cm2, rasio tuas pedal 4,11 dan jari-jari ban 21,6 cm yang menghasilkan nilai gaya pengereman lebih besar dari gaya mobil urban concept baik dalan keadaan statis dijalan 120 maupun dalam keadaan dinamis pada kecepatan 30 km/jam di jalan lurus datar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Catur Setyawan K., MT. 2) I Wayan Sugita,ST.,MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Oct 2019 09:57
Last Modified: 10 Oct 2019 09:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item