Penggunaan Model Pembelajaran CORE(Connecting-Organizing- Reflecting-Extending) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 30 Jakarta Kelas X Pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri

ANNISATUS SHOLIHAH, . (2015) Penggunaan Model Pembelajaran CORE(Connecting-Organizing- Reflecting-Extending) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 30 Jakarta Kelas X Pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANNISATUS SHOLIHAH-PEND KIMIA 2011(4)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia siswa kelas X pada materi persamaan kimia dan stoikiometri melalui model pembelajaran Connecting-Organizing-Reflecting-Extending (CORE). Penelitian ini dilakukan pada Januari-Mei 2015 di SMA Negeri 30 Jakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah kelas X MIA 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Enam Indikator motivasi belajar siswa yang diteliti untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar kuesioner motivasi belajar siswa. Selain itu hasil belajar siswa juga digunakan sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan motivasi belajar sekaligus hasil belajar siswa dengan perubahan strategi pembelajaran yang dilakukan pada siklus II. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa juga memberikan peningkatkan pada hasil belajar siswa. Melalui model pembelajaran CORE, siswa diberikan kesempatan untuk aktif, dan inisiatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Marheni, M.Sc ; 2). Dr. Erdawati, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: .rina kusniwati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 14:02
Last Modified: 15 Nov 2019 14:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item