RUGEA ARISTIA, . (2016) PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA WARGA BELAJAR (Studi Kasus pada Anak Jalanan di Komunitas Mandaya Nusantara, Bekasi Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Rugea Aristia.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang objektif dan komprehensif tentang proses pembelajaran pendidikan kecakapan hidup di Komunitas Mandaya Nusantara, Bekasi Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian berjumlah tiga orang warga belajar (anak jalanan), satu orang tenaga pendidik (relawan), dan satu orang ketua komunitas dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis perbandingan tetap dan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Komunitas Mandaya Nusantara sebagai tempat proses pembelajaran, bisa dilihat dari interaksi yang terjadi antara tenaga pendidik dengan warga belajar. Proses pembelajarannya yaitu tujuan pembelajaran berdasarkan pada kebutuhan, tenaga pendidik adalah relawan dari berbagai kalangan (pekerja dan mahasiswa), peserta didik adalah anak jalanan, strategi pembelajaran meliputi metode dan teknik, media pembelajaran yang dipergunakan berupa buku, alat dan bahan, dan evaluasi pembelajaran dengan melakukan tes tertulis dan tidak tertulis. Program pembelajaran yang diberikan termasuk pendidikan kecakapan hidup. Kesimpulan penelitian ini adalah Proses pembelajaran di Komunitas Mandaya Nusantara mencakup enam komponen terjadinya proses pembelajaran dan pembelajaran yang diberikan merupakan pendidikan kecakapan hidup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr.Makruf Akbar, M. Pd ; 2). Daddy Darmawan, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 13:50 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 13:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1577 |
Actions (login required)
View Item |