ANANDA PUTRI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL INTERAKTIF BERBASIS ANIMASI PEMBELAJARAN IPA PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual interaktif berbasis animasi pembelajaran IPA pernapasan pada manusia kelas V sd dan juga untuk mengetahui kelayakan dari media audio visual interaktif berbasis animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau R&D. Model penelitian yang digunakan yaitu ADDIE. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa angket uji ahli dan angket respon siswa. Proses uji ahli dilakukan kepada ahli media dan ahli materi IPA. Hasil validasi uji ahli media adalah 99% sehingga dapat dikatakan “sangat layak”, sedangkan hasil validasi uji ahli materi IPA adalah 96,92% sehingga tergolong “sangat layak”. Seluruh hasil validasi ahli dirata-ratakan dan didapat hasil rata-rata validasi adalah 97,96%. Hal ini menunjukan bahwa media termasuk ke dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya produk diimplementasikan kepada 10 siswa kelas VA SDN Jati 03 tahun ajaran 2020/2021. Hasil data dari angket respon siswa dirata-ratakan dan didapat hasil respon siswa adalah 99%. Dengan demikian, media audio visual yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA kelas V materi pernapasan pada manusia. This research aims to develop animated based interactive audio-visual media on the human respiratory and to see it’s feasibility for SDN Jati 03, year of 2020/2021 fifth-graders. This research method is based on Research and Development. The ADDIE model is used as a research model. The instrument used to collect data was a questionnaire for students and for test experts. The test experts mentioned earlier consist of media experts and science subject experts. The results showed that: (1) Media experts and science subject experts rated this method as "very satisfying" with a score of 99% and 96.92%, respectively, with a score of 97.96% being the mean of the two scores. (2) The product was implemented for 10 students from the sample, and their questionnaire results were averaged, resulting in a score of 99%. In conclusion, the audio-visual media developed by the researcher was declared very feasible to be used as a learning medium to learn about the human respiratory system for fifth grade students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd.; 2). Yustia Suntari, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10405 not found. |
Date Deposited: | 05 Apr 2021 04:19 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 04:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15796 |
Actions (login required)
View Item |