UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PETA MEMORI (Penelitian Tindakan Kelas di TK Islam Al-Mukriyah Kramat Jati, Jakarta Timur)

RIESKA DWIRANI SAFITRI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PETA MEMORI (Penelitian Tindakan Kelas di TK Islam Al-Mukriyah Kramat Jati, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Mukriyah melalui permainan peta memori. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam satu siklus dengan 6 kali pertemuan. Dalam penelitian ini, langkah-langkah yang dilakukan mengikuti prosedur penelitian yang dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun tindakan yang dilakukan adalah tindakan permainan peta memori. Subjek dalam penelitian ini adalah ialah anak kelompok B4 di TK Islam Al-Mukriyah yang kemampuan membaca permulaannya masih rendah dengan jumlah anak sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi yang disajikan dalam catatan lapangan, wawancara yang disajikan dalam catatan wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam catatan dokumentasi serta menggunakan instrumen kemampuan membaca permulaan, lembar pengamatan tindakan. Teknik analisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif yang dilakukan dengan membandingkan prosentase sebelum dan setelah intervensi sedangkan analisis kualitatif dilakukan dengan kualitatif deskriptif.Dari hasil analisis data diperoleh presentase sebesar 59% pada pra penelitian. Setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 81%. Adapun peningkatan sebelum dan sesudah diberikan tindakan sebesar 22%. Berdasarkan presentase skor yang didapatkan maka hipotesis tindakan diterima. Dari hasil yang ditunjukkan dapat dinyatakan bahwa permainan peta memori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah permainan peta memori dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan serta dapat diterapkan dengan kegiatan yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2019 15:42
Last Modified: 15 Nov 2019 15:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item